Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Quality Function Deployment (QFD) Untuk Rancangan Perbaikan Kualitas Produk Sepatu (Studi Kasus Pada PT. Mandiri Sukses Makmur)

MUHAMMAD HAYKAL, 040811530 (2013) Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Quality Function Deployment (QFD) Untuk Rancangan Perbaikan Kualitas Produk Sepatu (Studi Kasus Pada PT. Mandiri Sukses Makmur). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-haykalmuha-22263-5.abstr-i.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam menghadapi persaingan yang ketat di industri sepatu, perusahaan produsen sepatu dituntut untuk menjaga kualitas produknya. PT. Mandiri Sukses Makmur adalah perusahaan yang memproduksi berbagai jenis sepatu, salah satunya adalah BATA. Banyak konsumen yang kurang puas terhadap sepatu BATA yang dihasilkan PT. Mandiri Sukses Makmur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepentingan kebutuhan konsumen BATA menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP), serta merancang perbaikan kualitas produk BATA dari PT. Mandiri Sukses Makmur dengan metode Quality Function Deployment (QFD). Dari hasil penyebaran kuesioner kepada 100 konsumen pengguna sepatu BATA dari PT. Mandiri Sukses Makmur, diketahui bahwa terdapat enam atribut kualitas produk yang menjadi kebutuhan konsumen (customer needs) karena memiliki nilai kesenjangan negatif yaitu adanya informasi cara merawat sepatu, adanya informasi keluhan konsumen, inovasi produk yang dihasilkan, sepatu mengikuti perkembangan trend/mode, jahitan sepatu tidak mudah rusak dan sepatu memiliki ciri khas. Customer needs yang menjadi prioritas utama adalah jahitan sepatu tidak mudah rusak, sedangkan yang menjadi prioritas paling akhir adalah adanya informasi cara merawat sepatu. PT. Mandiri Sukses Makmur dapat melakukan perbaikan kualitas produk BATA dengan meningkatkan performasi sembilan respon teknis (technical response) yang telah ditentukan sesuai dengan target perusahaan, yaitu memberikan informasi cara merawat sepatu, memberikan layanan suara konsumen, merekrut research and development, melakukan inovasi setiap membuat produk baru, membuat produk yang mengikuti perkembangan trend/mode, memperbaiki kemampuan dan ketrampilan karyawan, memperbaiki kualitas bahan, memperbaiki kualitas mesin, serta membuat produk yang memiliki cirri khas untuk menarik minat konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.294/12 Hay p
Uncontrolled Keywords: supplier selection, COTOV criteria, Analytical Hierarchy Process (AHP) and Five-Point Rating Scale method
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
MUHAMMAD HAYKAL, 040811530UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTuwanku Aria Auliandri, SE., M.Sc,UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 10 Jan 2013 12:00
Last Modified: 08 Aug 2016 04:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1687
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item