PEMAKNAAN KEKERASAN pada "BONEK" Sebuah Studi Fenomenologi

AULIA ROCHMA, 070710287 (2011) PEMAKNAAN KEKERASAN pada "BONEK" Sebuah Studi Fenomenologi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-rochmaauli-21116-fiss27-k.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-rochmaauli-17710-fiss27-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh merebaknya fenomena Bonek yang selalu diidentikkan dengan kekerasan. Penelitian ini mencoba untuk menelusuri jawaban dari permasalahan yakni, apakah terjadi pergeseran dalam memaknai kekerasan terutama di kalangan Bonek yang terorganisir dalam YSS dan apakah pergeseran pemaknaan tersebut terefleksi dalam perilaku Bonek yang terorganisir dalam YSS ketika ada perhelatan sepak bola. Penelitian ini menggunakan metode penelitian fenomenologi Alfred Schutz. Menurut Schutz, manusia dalam memaknai sesuatu hal karena adanya stock of knowledge di mana adanya pengetahuan atau pengalaman akan membuat orang memberi makna mengenai sesuatu. Manusia dalam memaknai sesuatu hal memiliki dua konsep yaitu tipikasi (typication) dan intersubjektifitas (intersubjectifity). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari dua tipe yaitu Bonek masa lalu dan Bonek masa kini yang terorganisir dalam YSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, adanya pergeseran pemaknaan kekerasan antara Bonek masa lalu dan Bonek masa kini. Bonek masa lalu melakukan kekerasan karena ketidakmampuan dalam membeli fasilitas sedangkan pada Bonek masa kini kekerasan yang dilakukan cenderung untuk membela diri. Memang kekerasan itu masih ada tetapi saat ini kekerasan mulai berkurang, apalagi sejak munculnya YSS yang bertujuan untuk mengurangi kekerasan tersebut. Hasil penelitian yang kedua adalah bahwa pergeseran pemaknaan tersebut terefleksi dalam perilaku. Saat ini banyak Bonek yang merupakan mahasiswa dan berasal dari kalangan ekonomi mampu. Istilah Bonek yang dulunya Bondho Nekat pun mengalami pergeseran menjadi Bondho dan Nekat. Hal itu disebabkan karena saat ini Bonek telah “bondho” dalam mendukung Persebaya terutama pada Bonek yang terorganisir dalam yayasan – yayasan seperti YSS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. S. 27/11 Roc p
Uncontrolled Keywords: PHENOMMENOLOGICAL ; FOOTBALL FANS ; SOCIOLOGY
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV6001-7220.5 Criminology > HV6201-6249 Criminal classes
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AULIA ROCHMA, 070710287UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDoddy S. Singgih, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 24 Nov 2011 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 00:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16873
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item