EKSISTENSI SRIMULAT SURABAYA (Studi Deskriptif Kelompok Kesenian Srimulat Demi Mempertahankan Eksistensinya Sebagai Kesenian Tradisional.)

DEKKY LARASATI (2010) EKSISTENSI SRIMULAT SURABAYA (Studi Deskriptif Kelompok Kesenian Srimulat Demi Mempertahankan Eksistensinya Sebagai Kesenian Tradisional.). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-larasatide-21254-fiss59-k.pdf

Download (334kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam perkembangan teknologi yang semakin memanjakan masyarakat dengan segala kemudahan yang ditawarkan. Perkembangan ini mampu membuat berbagai bentuk sarana hiburan terutama diperkotaan. Dengan perkembangan teknologi pula telah banyak kesenian tradisional dikota semakin ditinggalkan masyarakat karena dengan perkembangan teknologi akan terjadi perubahan-perubahan dalam masyarakat. Dari fenomena diatas, penelitian ini mengambil rumusan permasalahan tentang eksistensi kesenian Srimulat dengan melihat persepsi pelaku seni dalam menanggapi perkembangan Srimulat, dan kendala yang dihadapi dalam menjaga eksistensi Srimulat, serta strategi yang dilakukan Srimulat ditengah menurunnya minat masyarakat akan seni panggung tradisional. Peneliti menggunakan teori Willian F. Ougburn, karena perubahan sosial mencakup unsur-unsur kebudayaan baik materiil atau immaterial, dengan memusatkan perhatian pada perkembangan teknologi dan penyesuaian dari faktor kebudayaan terhadap teknologi. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif yang menggambarkan dan menguraikan secara terperinci suatu fenomena dengan metode kualitatif dengan menganalisa data dengan teori-teori yang berhubungan dengan tema penelitian dan dikelompokkan tadi diinterpretasikan berdasar hasil pemikiran. Metode pemilihan informan diambil secara Purposive sampling dengan jumlah informan 5orang. Dengan pertimbangan karena informan mengetahui awal mula berdirinya Srimulat sampai naik turunnya Srimulat sekarang ini. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, ditengah kemajuan kota Surabaya, ternyata kelompok kesenian Srimulat masih tetap mementaskan kesenian tersebuat meskipun berkurangnya animo masyarakat terhadap kesenian tradisional, selain adanya persepsi pelaku seni dalam perkembangan Srimulat dan hambatan yang dihadapigrup ini secara internal maupun eksternal juga mempengaruhi perkembangan grup Srimulat. Pada kelompok ini terdapat beberapa strategi agar terus bertahan, tapi disamping strategi yang dilakukan ternyata terdapat beberapa faktor yang mendorong para pelaku Srimulat untuk terus menggeluti kesenian Srimulat Kesenian tradisional, tidak luput dari arus perkembangan teknologi yang semakin lama membuat kelompok kesenian tradisional semakin ditinggalkan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis.S. 59/11 Lar e (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: PORTRAIT OF MODERN COMEDY ; GROUP
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general > NX1-820 Arts in general
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
DEKKY LARASATIUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSepti Ariadi, DRS., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 30 Nov 2011 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 08:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16896
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item