DINAMIKA KONFLIK PEDAGANG KAKI LIMA PASAR KEPUTRAN DENGAN PEMERINTAH KOTA SURABAYA (STUDI KONFLIK SIMON FISHER PADA KASUS PENGGUSURAN PEDAGANG KAKI LIMA PASAR KEPUTRAN SURABAYA)

RANGGA BISMA ADITYA, 070610281 (2011) DINAMIKA KONFLIK PEDAGANG KAKI LIMA PASAR KEPUTRAN DENGAN PEMERINTAH KOTA SURABAYA (STUDI KONFLIK SIMON FISHER PADA KASUS PENGGUSURAN PEDAGANG KAKI LIMA PASAR KEPUTRAN SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-adityarang-21260-fiss62-k.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-adityarang-17863-fiss62-d.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Konflik seringkali muncul ketika terdapat sumber daya yang dibutuhkan oleh Individu dan Kelompok yang dalam implementasinya selalu melakukan perebutan Sumber Daya tersebut. Salah satu hal yang menjadi contoh munculnya konflik adalah kasus penggusuran pedagang kaki lima pasar keputran Surabaya yang memperebutkan lahan antara pemerintah kota Surabaya dengan pedagang kaki lima yang berdomisili di tempat tersebut. Merujuk pada latar belakang tersebut maka penelitian ini menghasilkan dua fokus penelitian yang akan dilakukan, yang pertama adalah, bagaimana dinamika konflik pada kasus penggusuran pedagang kaki lima pasar keputran, dan yang kedua adalah bagaimana resolusi konflik dari kasus tersebut yang kemudian dapat dijadikan berbagai referensi dalam penanganan beberapa kasus konflik vertikal di Indonesia. Peneliti berharap dari penelitian ini dapat memperoleh berbagai manfaat dan tujuan yang dapat dijadikan referensi dan dapat digunakan serta dapat diaplikasikan pada penanganan kasus penggusuran yang melibatkan civil society dengan pemerintah. Teori yang digunakan adalah teori analisis konflik pragmatis dari Simon Fisher. Pada penelitian ini menggunakan paradigma intepretatif dengan tipe penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Sementara untuk menggali data dilakukan dengan wawancara, observasi, serta bantuan data sekunder seperti internet, dan jurnal-jurnal media cetak. Dalam penelitian ini yang menjadi sasaran penelitian adalah lima orang narasumber yang memiliki kriteria sesuai dengan isu dan judul penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan jika konflik vertikal bisa saja muncul karena gagalnya bentuk negosiasi. Dinamika Konflik yang muncul dari penelitian ini menunjukkan bahwa penanganan konflik vertikal harus diupayakan melalui strategi khusus. Yang artinya didalam menyelesaikan konflik, haruslah terdapat sebuah resolusi konflik yang diarahkan melalui pendekatan kemanusiaan, sehingga Konflik yang muncul dapat diredam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. S. 62/11 Adi d
Uncontrolled Keywords: SOCIAL - CONFLICT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2340.8-2346.5 Small and medium-sized businesses, artisans,handicrafts, trades
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD7795-8027 Labor policy. Labor and the state
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
RANGGA BISMA ADITYA, 070610281UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSubagyo Adam, Dr., Drs, MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 30 Nov 2011 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 00:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16899
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item