KONSTRUKSI TENTANG PEMAKNAAN MAHASISWA MENGENAI JURUSAN DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS AIRLANGGA ( Studi Konstruksi tentang Pemaknaan Jurusan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga)

ALIFIA INZANA RAMADHAN, 070610049 (2011) KONSTRUKSI TENTANG PEMAKNAAN MAHASISWA MENGENAI JURUSAN DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS AIRLANGGA ( Studi Konstruksi tentang Pemaknaan Jurusan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-ramadhanal-21263-fiss58-k.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-ramadhanal-17866-fits58-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (968kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Konstruksi tentang Perguruan Tinggi bagi Mahasiswa yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga. Perguruan tinggi merupakan tingkat paling akhir dari seluruh tingkatan pendidikan yang ada. Orang yang mampu menempuh pendidikan hingga titik tertinggi ini merupakan impian setiap pelajar. Karena jika mampu berjalan pada titik ini, dianggap mampu merubah masa depan menjadi lebih baik karena bisa lebih dipertimbangkan dalam hal mencari pekerjaan ketimbang bila hanya lulusan SMA atau sederajat. Sehingga perlu adanya kajian-kajian Konstruksi tentang Perguruan Tinggi bagi Mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga. Merujuk pada latar belakang tersebut maka fokus permasalahan yang akan dikaji adalah konsrruksi tentang pemaknaan mahasiswa mengenai jurusan di Fakultas ilmu Sosial dan ilmu Politik universitas Airlangga. Diharapkan dari penelitian ini diperoleh manfaat guna memilih spesialisasi ilmu yang ada di Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, dan bertujuan untuk dapat digunakan atau bisa diaplikasikan pada kehidupan bermasyarakat untuk menghadapi dunia pendidikan yang semakin berkembang dan makin maju. Penelitian ini juga diharapkan mampu menjadi bahan referensi mengetahui cara berpikir masyarakat terhadap pemilihan jurusan. Teori yang digunakan Konstruksi Sosial dari Peter L. Berger dan Luckmann. Pada penelitian ini menggunakan paradigma intepretatif dengan tipe penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Sementara untuk menggali data dilakukan dengan wawancara dan bantuan data sekunder seperti internet, dan jurnal-jurnal media cetak. Dalam penelitian ini yang menjadi sasaran penelitian adalah mahasiswa yang memiliki karakteristik yakni salah satunya mahasiswa FISIP Unair. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa mahasiswa yang memilih spesialisasi bidang studi (jurusan) dengan minat dan keinginan yang dikehendakinya akan lebih cepat beradaptasi dan mengikuti perkuliahan dengan baik ketimbang mahasiswa yang masuk dari jurusan yang di pilihnya pada pilihan ke dua. Meskipun pada akhirnya mahasiswa tersebut dapat beradaptasi, namun kebanyakan mahasiswa yang diterima dari jurusan pilihan pertama akan memiliki pandangan untuk masa depannya (di dunia kerja).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis.S. 58/11 Ram k
Uncontrolled Keywords: SOCIAL CONSTRUCTION
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ALIFIA INZANA RAMADHAN, 070610049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSutinah, Dra., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 30 Nov 2011 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 08:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16901
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item