MEKANISME SURVIVAL PEDAGANG MAKANAN TRADISIONAL (Studi Deskriptif Tentang Strategi Bertahan Pedagang Lontong Balap Kranggan di Surabaya)

NANDA ASTURINO YANA BRAMANIKO, 070710068 (2011) MEKANISME SURVIVAL PEDAGANG MAKANAN TRADISIONAL (Studi Deskriptif Tentang Strategi Bertahan Pedagang Lontong Balap Kranggan di Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
36. Abstrak Fis S 56-11 Bra m.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-bramanikon-17867-fiss56-m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penulisan skripsi ini berawal dari semakin banyaknya makanan-makanan impor, dan berbagai jenis makanan ringan lainnya di wilayah Surabaya. Sehingga hal inilah yang menimbulkan terjadinya persaingan antara makanan tradisional dengan makanan modern. Dengan bertambahnya pesaing-pesaing baru dalam dunia usaha membuat para pedagang harus berpikir seoptimal mungkin untuk mencapai tujuan serta mempertahankan keberadaan para pedagang demi mempertahankan makanan tradisional agar tetap ada dan menjadi idola bagi masyarakat Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah pedagang lontong balap dan pembeli. Interpretasi data dilakukan dengan menggunakan catatan-catatan dari setiap kali turun lapangan dikaitkan dengan teori pertukaran sosial Homans dan teori pilihan rasional Coleman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pedagang lontong balap hanya melakukan strategi sederhana dalam mempertahankan eksistensinya. Sampai saat ini lontong balap masih cukup diminati dan memiliki segmen konsumen dari berbagai kalangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis.S. 56/11 Bra m
Uncontrolled Keywords: STRATEGIC PLANNING ; NATURAL FOOD
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
NANDA ASTURINO YANA BRAMANIKO, 070710068UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIda Bagus Wirawan, Prof. Dr., SUUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 30 Nov 2011 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 08:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16902
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item