INTERVENSI AMERIKA SERIKAT DALAM KASUS OPERASI AURORA: FAKTOR GOOGLE ATAU FAKTOR CHINA?

ALMIRA DEA REZKITHA, - (2010) INTERVENSI AMERIKA SERIKAT DALAM KASUS OPERASI AURORA: FAKTOR GOOGLE ATAU FAKTOR CHINA? Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-rezkithaal-21422-fishi2-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ancaman cyber seperti serangan hacker saat ini merupakan ancaman terhadap keamanan nasional suatu negara. Penulis menyoroti serangan cyber dalam kasus Operasi Aurora, sebuah serangan cyber yang menyerang lebih dari dua puluh perusahaan Amerika Serikat dan di antaranya adalah Google. Perlawanan Google terhadap pemerintah akibat dari Operasi Aurora membawa kepada intervensi Amerika Serikat terhadap kasus Operasi Aurora. Sehingga timbul pertanyaan, dalam intervensi Amerika Serikat faktor manakah yang lebih dominan, apakah faktor dari perusahaan Google atau faktor dari pemerintahan China? Dalam menjelaskan rumusan masalah itu penulis menggunakan pendekatan ekonomi politik dan pendekatan geopolitik dengan menggunakan teori kapitalisme dan teori detterence. Hipotesis dalam penulisan ini dirumuskan berdasarkan penentuan waktu, isu yang diangkat dan leading sector yang berperan dalam intervensi Amerika Serikat. Maka berdasarkan indikator di atas, maka penulis beranggapan bahwa faktor China lebih dominan bila dibandingkan dengan faktor Google dalam intervensi Amerika Serikat di dalam penyelesaian kasus Operasi Aurora. Hal ini dikarenakan beberapa hal yaitu sebagai upaya ntuk mempromosikan isu kebebasan berpendapat, Sebagai detterence terhadap ancaman kebangkitan China,menjaga keamanan nasional Amerika Serikat dari menjaga cybersecurity. Faktor Google sendiri merupakan faktor yang berkontribusi untuk mengangkat isu ini kepada publik. faktor China lebih dominan daripada faktor Google dalam intervensi Amerika Serikat dalam penyelesaian kasus Aurora karena China memiliki arti penting bagi Amerika Serikat di bidang ekonomi dan Amerika Serikat melakukan intervensi sebagai bentuk perlawanan terhadap kekuatan China di politik dunia yang semakin meningkat.Sedangkan Google memiliki peran yang penting pula sebagai faktor yang berkontribusi dan membantu dalam mengangkat isu tersebut ke publik dan dunia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. HI. 21/11 Rez i (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: INTERNATIONAL RELATIONS ; CYBER SECURITY
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ5511.2-6300 Promotion of peace. Peaceful change > JZ5587-6009 International security. Disarmament. Global survival
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
ALMIRA DEA REZKITHA, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorJoko Susanto, M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 15 Dec 2011 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 09:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16939
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item