DUKUNGAN MESIR ATAS BLOKADE ISRAEL TERHADAP JALUR GAZA SEJAK TAHUN 2007

ASIH JUWARIYAH, 070610237 (2011) DUKUNGAN MESIR ATAS BLOKADE ISRAEL TERHADAP JALUR GAZA SEJAK TAHUN 2007. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
45. Abstrak Fis HI 25-11 Juw d.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16944.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebagai pemimpin Arab, Mesir yang seharusnya berperan penting dalam penyelesaian masalah Israel dan Palestina justru menunjukkan sikap yang berlawanan. Sejak tahun 2007, Mesir turut memblokade Jalur Gaza sebagaimana yang dilakukan Israel kepada rakyat Palestina. Penelitian eksplanatif dengan analisis kualitatif ini berupaya menggali beberapa alasan mengapa Mesir melakukan tindakan tersebut. Penelitian ini menggunakan peringkat analisis negara bangsa sebagai unit analisis dan sistem internasional sebagai unit eksplanasi serta menggunakan landasan teoritik berupa teori kebijakan luar negeri, konsep kepentingan nasional, dan konsep blokade. Dengan itu, ditemukan bahwa sikap Mesir tersebut didasari oleh dua hal. Pertama, kepentingan pertahanan keamanan wilayah. Kondisi Jalur Gaza menjadi tidak terduga sejak dikuasai oleh Hamas pasca kemenangannya dalam pemilu dan serangan ofensif Israel yang semakin intensif ke wilayah tersebut. Fakta bahwa Mesir memiliki perbatasan langsung dengan Jalur Gaza menjadikan wilayah itu sebagai sebuah ancaman yang akan berpengaruh terhadap stabilitas politik domestik Mesir. Kedua, kepentingan dalam upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi dan kemampuan militer. Mesir memiliki lokasi geografi yang strategis dan kekayaan alam yang melimpah. Namun kondisi demografi dan topografi Mesir menyulitkan pembangunan ekonominya. Kebutuhan ekonomi dan militer tersebut memaksa Mesir untuk melakukan kerjasama dengan negara lain yaitu Israel yang memiliki kedekatan dengan Amerika Serikat. Mesir melonggarkan sikap atas blokade Jalur Gaza pada tahun 2010. Namun secara esensial, Mesir masih memberlakukan blokade tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. HI. 25/11 Juw d
Uncontrolled Keywords: CONFLICT POLITICAL ; PROTECTION
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV6001-7220.5 Criminology > HV6035-6197 Criminal anthropology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ASIH JUWARIYAH, 070610237UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorLilik Salamah, Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 15 Dec 2011 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 17:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16944
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item