PERAN DIASPORA INDIA DALAM MENDUKUNG DIPLOMASI KEBUDAYAAN INDIA DI INDONESIA

JAYANTI ANDINA, - (2010) PERAN DIASPORA INDIA DALAM MENDUKUNG DIPLOMASI KEBUDAYAAN INDIA DI INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-andinajaya-21428-fishi2-k.pdf

Download (347kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fenomena kebangkitan India menjadi salah satu topik menarik yang tidak bisa dilupakan dari catatan sejarah. Sebuah negara berkembang di Asia selatan, yang sempat tercatat sebagai salah satu negara termiskin di dunia pada setengah abad lalu, tiba-tiba muncul sebagai negara dengan perkembangan ekonomi tercepat keempat di dunia satu dekade terakhir. Dari negeri yang awalnya hanya tergantung pada hasil bumi dan pertanian, bahkan sempat dikatakan sebagai failed state di awal-awal masa kemerdekaan karena tidak mampu meningkatkan pembangunan perekonomian domestiknya, pada revolusi teknologi informasi, ternyata bisa memanfaatkan kesempatan perubahan yang terbuka dan kemudian dengan cepat mensejajarkan diri dengan Cina, Amerika Serikat, termasuk Jepang dan Korea Selatan, menjadi salah satu negara kepercayaan di Asia, bahkan dunia, dalam bidang teknologi informasi. Kebangkitan india tidak lepas dari migrasi yang banyak dilakukan negara ini pada tahun 1960-1970an. Migrasi india yang tersebar hampir ke seluruh belahan dunia menjadikan india memiliki diaspora yang kuat dan menguntungkan seperti apa yang juga dilakukan Cina sebelumnya. India dapat melakukan brain gain dengan baik atas migrasi tenaga kerjanya. Sehingga diaspora india yang awalnya mencemaskan kedudukan negara atas tenaga ahlinya dapat menjadi kekuatan baru yang diandalkan india untuk menunjukkan eksistensi keberhasilan india di mata internasional. Diaspora india di masa kini merupakan kekuatan baru yang juga bisa dikatakan unik susunannya dalam kebudayaan dunia. Saat ini lebih dari dua juta warga negara india tersebar di dunia. Sejalan dengan hal tersebut, pemerintah India sedang menggalakkan upaya pembentukan citra India di mata masyarakat Internasional dalam tujuannya untuk mencapai The Incredible India 2011. Upaya pembentukan citra ini kemudian ditunjukkan dengan dibentuknya divisi diplomasi publik pada kementrian luar negeri India. Melalui ikatan kebudayaannya yang kuat, pelaksanaan diplomasi publik ini diturunkan menjadi diplomasi kebudayaan agar pencapaian tujuan diplomasi lebih terstruktur dan lebih mudah. Kemampuan diaspora india untuk tetap menjaga hubungan dengan negara asal mereka dan tetap mempertahankan kebudayaan india di luar batas india memberi kesadaran tersendiri bagi pemerintah india bahwa kedudukan diaspora ini penting untuk menunjang pencapaian kepentingan nasional negara india melalui diplomasi kebudayaan. Dalam penelitian ini penulis berusaha menggambarkan sejauh mana ruang lingkup peranan yang diberikan oleh diaspora india dalam upaya mendukung diplomasi kebudayaan India di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. HI. 26/11 And p (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: INDIA CULTURAL DIPLPMACY
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
JAYANTI ANDINA, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorJoko Susanto, S.IP. M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 15 Dec 2011 12:00
Last Modified: 10 Sep 2016 13:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16945
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item