ANALISIS PERUBAHAN SIKAP LIBYA TERHADAP AMERIKA SERIKAT

SITI AFIFAH, 070517926 (2011) ANALISIS PERUBAHAN SIKAP LIBYA TERHADAP AMERIKA SERIKAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-afifahsiti-21431-fishi2-k.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-afifahsiti-18039-fishi2-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul : Analisis Perubahan Sikap Libya terhadap Amerika Serikat dengan menggunakan tingkat analisis individu dan negara-bangsa. Muammar khadafi mulai berkuasa di Libya pada tahun 1969 melalu kudeta terhadap Raja Idris I. Dibawah kepemimpinan Khadafi, Libya yang sebelumnya menjalin hubungan erat dengan Amerika Serikat kemudian memburuk. Hal ini dikarenakan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan Khadafi sangat bertentangan dengan Amerika Serikat. Khadafi menganggap Amerika Serikat sebagai imperialis. Memburuknya hubungan kedua negara ini berujung pada pemutusan hubungan diplomatik. Namun pada tahun 2001 Libya mulai merubah sikapnya. Khadafi menyatakan akan memutuskan segala bentuk hubungan dengan terorisme. Salah satu isu yang sebelumnya memperburuk hubungan kedua negara. Penelitian ini menggunakan tingkat analisis individu dan negara bangsa. Dari level analisis individu penulis melihat ada kepentingan pribadi Muammar Khadafi dibalik perubahan sikap Libya terhadap Amerika Serikat. Yaitu kepentingan untuk mempertahankan kekuasaannya di Libya. Selain kepentingan pribadi tersebut juga terdapat kepentingan nasional Libya yaitu kepentingan ekonomi. Dari penelitian ini dapat dilihat bahwa terdapat dua faktor kuat yang mempengaruhi perubahan sikap Libya terhadap Amerika Serikat yaitu faktor ideosinkretik Muammar Khadafi dan faktor kepentingan ekonomi Libya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. HI. 29/11 Afi a
Uncontrolled Keywords: INTERNATIONAL RELATIONS
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1249-1254 Relation to other disciplines and topics
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SITI AFIFAH, 070517926UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorLilik Salamah, Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 16 Dec 2011 12:00
Last Modified: 10 Sep 2016 13:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16950
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item