SOCIAL PERFORMANCE DOKTER DALAM PROSES PENGOBATAN (Studi Deskriptif Mengenai Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Dokter di RSUD Dr M. Soewandhi Surabaya)

CITRA DEWI PRAHARANI D, 070517631 (2009) SOCIAL PERFORMANCE DOKTER DALAM PROSES PENGOBATAN (Studi Deskriptif Mengenai Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Dokter di RSUD Dr M. Soewandhi Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2008-praharanid-15488-abstrak-0.pdf

Download (616kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2008-praharanid-12854-fis.s.12-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sejalan berkembangnya pandangan bahwa kesehatan juga merupakan fenomena sosial, maka disadari bahwa pelayanan merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap derajat kesehatan. Pelayanan kesehatan harus mampu memberikan bentuk pelayanan yang sesuai dengan latar belakang sosial ekonomi dan budaya masyarakat yang dapat menimbulkan kepuasan pada setiap pasien. Kepuasan pasien bisa tercapai apabila pelayanan yang diberikan oleh dokter sesuai dengan ekspektasi harapan dan kebutuhan pasien. Hubungan dokter dan pasien menjadi sorotan karena pelayanan dokter merupakan suatu pertanda bahwa sebagian masyarakat belum puas terhadap pelayanan dan pengabdian profesi dokter di masyarakat. Berangkat dari asumsi ini, penelitian dimaksudkan untuk menggambarkan kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan oleh dokter dihubungkan dengan social performance dokter di dalam proses penyembuhan pasien. Rumusan tersebut diatas dikaji oleh peneliti dengan menggunakan teori parson yang didukung dengan teori mengenai sosiologi kesehatan lainnya. Dimaksudkan dengan menggunakan teori tersebut, peneliti juga melihat pelayanan kesehatan dari kepuasan dari pelayanan dokter. Penelitian ini dilakukan di RSUD Dr. M Soewandhi Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan teknik pengambilan sampel systematic random sampling dimana sampel pertama saja yang diambil secara acak, sedangkan sampel berikutnya ditentukan dengan pola tertentu yang menggunakan interval dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Hasil dilapangan yang ditemukan oleh peneliti ialah kepuasan pasien terhadap pelayanan dokter meliputi efektivitas pelayanan dan partisipasi sosial. Efektivitas pelayanan yang mencangkup kesesuaian pelayanan yang diberikan dokter kepada pasien yang menimbulkan kepuasan terhadap pelayanan dokter. Kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan oleh dokter di RS Dr Soewandi pada umumnya cukup puas. Faktor utama yang membuat pasien datang untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan di rumah sakit ini karena rumah sakit ini melayani pasien yang mengikuti program JPS dan Jamkesmas. Dengan adanya program tersebut maka pasien akan mendapatkan perawatan dan pengobatan dengan biaya yang murah. Dengan terpenuhinya harapan pasien sebagai pengguna jasa kesehatan maka pasien akan mencapai kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan oleh dokter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.12/10 Pra s
Uncontrolled Keywords: PERFORMANCE, PUBLIC HEALTH
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
CITRA DEWI PRAHARANI D, 070517631UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSepti Ariadi, Drs. MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 30 Jun 1905 12:00
Last Modified: 27 Oct 2016 22:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16966
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item