MEKANISME SURVIVAL PEKERJA MUSIMAN (Studi Deskriptif Mengenai Mekanisme Pekerja Musiman di Pabrik Gula Gempolkrep, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur)

EKO ARI RACHMAWATIK, 070610435 (2010) MEKANISME SURVIVAL PEKERJA MUSIMAN (Studi Deskriptif Mengenai Mekanisme Pekerja Musiman di Pabrik Gula Gempolkrep, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-rachmawati-12853-fis.s.76-0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2011-rachmawati-15478-abstrak-0.pdf

Download (550kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pekerja musiman bekerja di pabrik gula hanya saat musim panen tebu yaitu pada bulan Mei-Oktober. Pada saat musim sepi atau tutup giling, pekerja musiman tidak memiliki pekerjaan sehingga hal tersebut berdampak pada kondisi ekonomi keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mekanisme yang dilakukan oleh pekerja musiman untuk bertahan hidup pada saat musim sepi. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah digunakan tipe penelitian deskriptif dengan cara penarikan sample melalui Simple Random Sampling. Dengan jumlah responden sebanyak 75 dari sampel yang berjumlah 135 orang. Hasil penelitian ini menemukan bahwa mekanisme survival yang dilakukan oleh pekerja musiman pada saat musim sepia tau tutup giling adalah dengan cara mencari pekerjaan lain, penghasilan yang dimiliki digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarga, meminta bantuan kepada jaringan sosial yang ada jika mengalami kesulitan, saat kondisi mendadak tak jarang pekerja musiman menggadaikan barang berharga yang dimiliki. Cara lain yang digunakan agar dapat menekan pengeluaran keluarga adalah dengan menyederhanakan menu makanan, dan mengurangi porsi serta frekuensi makan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.76/10 Rac m
Uncontrolled Keywords: SURVIVAL MECHANISM, SEASONAL WORKERS
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
EKO ARI RACHMAWATIK, 070610435UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSutinah, Dra. , MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 2015 12:00
Last Modified: 27 Oct 2016 23:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16970
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item