Pola Interaksi Dokter Pasien ( Studi Kualitatif tentang Interaksi Dokter dan Pasien di Instalasi Rawat Inap RSU Dr. Soetomo, Surabaya)

ANINDA ROSE NOVILA, 070517787 (2009) Pola Interaksi Dokter Pasien ( Studi Kualitatif tentang Interaksi Dokter dan Pasien di Instalasi Rawat Inap RSU Dr. Soetomo, Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-novilaanin-13035-fis.s.28-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-novilaanin-15687-abstrak-0.pdf

Download (180kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kemajuan dunia kesehatan pada era globalisasi ini adalah salah satu bidang yang banyak mendapatkan perhatian dan sorotan dari masyarakat. Salah satunya mengenai profesi dokter yang menjadi sentra penting dalam dunia kesehatan. Bagi pandangan masyarakat awam seorang dokter memiliki pengetahuan dan ketrampilan untuk mendiagnosa dan menyembuhkan penyakit. Berdasarkan pandangan dan harapan si sakit terhadap peran dan fungsi dokter, maka terjadilah interaksi dokter dan pasien. Lokasi penelitian adalah di RSU Dr. Soetomo Surabaya tepatnya di instalasi rawat inap. Pemilihan informan secara purposive, yaitu tentu saja dokter dan pasien. Penelitian yang dilakukan adalah tergolong penelitian deskriptif. Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah 4 teori interaksi dokter pasien dari Parsons, Freidson, Szass and Hollander dan Robert Veatch. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan kontribusi serta sumbangsih bagi bidang sosiologi kesehatan terutama menyangkut interaksi dokter- pasien di tempat layanan medis. Hasil Penelitian yang diperoleh adalah Pertama, berkembang 3 pola interaksi yaitu yaitu active passive model, an engginering model dan guidance model yang terjadi pada 2 dokter berbeda. Alasan yang melatar belakangi hingga pola interaksi tersebut terjadi adalah lebih kepada mind set atau pola pikir sang pasien yang lebih kritis dan tanggap juga perbedaan jenis kelamin dokter yang menangani yaitu dokter laki- laki dan dokter perempuan memiliki perbedaan cara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.28/10 Nov p
Uncontrolled Keywords: SOCIAL INTERACTION, OUT PATIENT SERVICES
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
ANINDA ROSE NOVILA, 070517787UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSepti Ariandi, Drs. M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 1905 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 20:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16988
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item