Pola Tindakan Dalam Mereaksi Kondisi Sakit Pada Masyarakat Miskin (Studi Deskriptif Tentang Persepsi Sehat-Sakit Di Kelurahan Sidotopo Wetan Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya)

AWALIA RACHMAWATI, 070517789 (2009) Pola Tindakan Dalam Mereaksi Kondisi Sakit Pada Masyarakat Miskin (Studi Deskriptif Tentang Persepsi Sehat-Sakit Di Kelurahan Sidotopo Wetan Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-rachmawati-13040-fis.s.30-0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-rachmawati-15695-abstrak-0.pdf

Download (617kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesehatan adalah harta yang paling berharga bagi semua manusia karena ada yang berpendapat bahwa orang yang paling kaya adalah orang yang berada dalam kondisi sehat lahir batin. Kesehatan merupakan kewajiban dan tanggung jawab setiap individu dalam menjaga, merawat, menghindari, menjaga tubuh agar tidak diserang penyakit. Mayarakat awam mengartikan sehat dengan keadaan tubuh yang nyaman, enak, gembira, dan dapat melakukan kegiatan sehari-hari. Sedangkan sakit sebagai keadaan tubuh yang mengalami gangguan fisik, yang menimbulkan rasa tidak enak, tidak dapat melakukan aktifitas bekerja, tidak nyaman. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab masalah yang berkaitan dengan riset dan mencoba merumuskan masalah yang berkaitan dengan persepsi sehat sakit dan upaya/tindakan apa saja yang dilakukan oleh masyarakat miskin ketika menghadapi rasa sakit. Dan mekanisme yang dikembangkan oleh masyarakat miskin dalam memenuhi kebutuhan kesehatan. Rumusan tersebut dikaji dengan menggunakan teori Talcott Parson yang di dukung dengan teori mengenai sosiologi kesehatan, yaitu David Mechanic, Model Kosa&Robertson, Model Fabrega, Model Antonovsky&Kats. Dimaksudkan dengan teori tersebut, peneliti juga melihat bagaimana persepsi sehat sakit pada masyarakat miskin. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Kenjeran Kelurahan Sidotopo Wetan, Surabaya utara. Penelitian ini merupakan penelitian desktiptif dengan teknik pengambilan sampel systematic random sampling dimana sampel yang pertama diambil secara acak, sedangkan sampel berikutnya ditentukan dengan pola tertentu dengan jumlah responden sebanyak 100 responden, dengan menggunakan kuesioner. Dalam melakukan analisis peneliti juga menggunakan tabel univariat dan bivariat sehingga dapat menghasilkan analisis yang lebih bervariasi. Temuan penting yang dihasilkan dari penelitian ini ada tiga yakni, pertama, dalam menanggapi rasa sakitnya sebagai keadaan lemah dimana dia tidak bisa menopang tubuhnya sendiri dan rasa sehat di tanggapi sebagai keadaan yang masih mampu untuk menopang dirinya sendiri. Kedua, hal-hal yang dilakukan masyarakat miskin ketika dalam kondisi sakit yaitu istirahat yang cukup dan memilih pengobatan tradisional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.30/10 Rac p
Uncontrolled Keywords: POVERTY, HEALTH DEVELOPMENT
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AWALIA RACHMAWATI, 070517789UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSepti Ariadi, Drs. MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 1905 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 22:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16990
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item