MASYARAKAT KORBAN BENCANA (Studi Deskriptif Tentang Dampak, Kerentanan, dan Strategi Kelangsungan Hidup Masyarakat Korban Bencana Banjir di Sepanjang DAS Bengawan Solo Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro)

RATNA AZIS PRASETYO, 070610185 (2011) MASYARAKAT KORBAN BENCANA (Studi Deskriptif Tentang Dampak, Kerentanan, dan Strategi Kelangsungan Hidup Masyarakat Korban Bencana Banjir di Sepanjang DAS Bengawan Solo Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-prasetyora-16557-abstrak-0.pdf

Download (644kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16995.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bencana yang melanda di berbagai negara telah menyumbangkan angka kemiskinan, tidak terkecuali di Indonesia. Bencana yang setiap tahun terjadi terutama banjir di negara Indonesia, telah menyebabkan penderitaan bagi masyarakat korban bencana yang tak kunjung usai. Menurut Chambers (1987) penyebab dari perangkap kemiskinan (deprivation trap) adalah kemiskinan itu sendiri, kerentanan, ketidakberdayaan, keterisolasian, dan ketidakmampuan fisik. Berangkat dari pemikiran tersebut, maka studi ini memfokuskan pada dampak, kerentanan dan strategi kelangsungan hidup masyarakat korban bencana dengan lokasi penelitian di Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro yang berada di sepanjang DAS Bengawan Solo. Populasi penelitian ini, difokuskan kepada masyarakat korban bencana banjir di sepanjang DAS Bengawan Solo. Berangkat dari asumsi bahwa, masyarakat memiliki kerentanan terhadap bencana, karena tinggal di daerah marginal yang setiap tahun selalu dilanda banjir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara terstruktur menggunakan kuesioner. Pada tahap pengolahan data menggunakan SPSS, agar data dapat dianalisis berdasarkan kerangka teori yang menjadi acuan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa dampak yang ditimbulkan oleh bencana banjir menimbulkan masyarakat korban bencana mengalami permasalahan yang kompleks, akibat sulitnya untuk bangkit dari keterpurukan yang dialami. Kondisi tersebut, diperparah dengan adanya kerentanan yang mereka miliki serta ketidakberdayaan dalam memperoleh akses bantuan, sehingga mereka harus mengembangkan strategi kelangsungan hidup dengan sumber daya yang dimilikinya. Apabila tidak segera ditangani, sumber daya ini akan habis dan pada akhirnya akan menyeret mereka kedalam pusaran kemiskinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.79/10 Pra m
Uncontrolled Keywords: VICTIM - NATURAL DISASTER
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
RATNA AZIS PRASETYO, 070610185UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBagong Suyanto, Drs. M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 1905 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 17:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16995
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item