TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP PESAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT(Studi Deskriptif Mengenai Tingkat Pengetahuan Masyarakat Kabupaten Blitar Terhadap Pesan-pesan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam Promosi Desa Siaga)

MIFTAKHUL KHOIRIYAH, 070517688 (2009) TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP PESAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT(Studi Deskriptif Mengenai Tingkat Pengetahuan Masyarakat Kabupaten Blitar Terhadap Pesan-pesan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam Promosi Desa Siaga). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-khoiriyahm-14106-fis.k.11-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-khoiriyahm-16762-asbtrak-0.pdf

Download (622kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat terhadap pesan-pesan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang disampaikan dalam promosi Desa Siaga. Tingkat pengetahuan masyarakat terhadap pesan-pesan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ini menjadi penting untuk diteliti karena Perilaku Hidup Bersih dan Sehat merupakan salah satu pilar utama pencapaian Indonesia Sehat 2010. Selain itu, dengan meningkatnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di masyarakat diharapkan mampu meminimalkan permasalahan kesehatan yang masih sering terjadi di Indonesia, seperti Kematian Ibu dan Anak, kasus gizi buruk, dan penyebaran wabah penyakit. Fenomena itulah yang mendasari penelitian ini dengan rumusan masalah ” Seberapa tinggikah tingkat pengetahuan masyarakat Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar terhadap pesan-pesan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang disampaikan dalam promosi Desa Siaga?”. Fokus penelitian ini adalah efek kognisi komunikasi langsung dalam proses promosi Desa Siaga. Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan tipe penelitian deskriptif. Landasan Teori yang digunakan untuk menginterpretasi data dalam penelitian ini adalah Promosi Kesehatan, Direct Communication, dan Efek Pesan. Objek penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar. Populasi penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar kelompok usia 22 s.d 59 tahun yang berjumlah 42.678 jiwa dengan sampel penelitian berjumlah 100 orang dan dipilih berdasarkan teknik cluster sampling. Berdasarkan survey yang dilakukan peneliti terhadap 100 responden di lapangan, diketahui bahwa tingkat pengetahuan masyarakat Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar terhadap pesan-pesan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang disampaikan salam promosi Desa Siaga sudah cukup tinggi. Hal ini mengindikasikan bahwa pada umumnya masyarakat sudah memahami pesan-pesan apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan. Pada tahap ini berarti masyarakat Kecamatan Kanigoro telah diterpa efek kognisi dari suatu proses komunikasi langsung dalam promosi Desa Siaga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.119/10 Kho t
Uncontrolled Keywords: HEALTY - LIFE STYLE
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN41-46 Community centers. Social centers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
MIFTAKHUL KHOIRIYAH, 070517688UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSITI PUDJI RAHAYU, Dra, MsUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 1905 12:00
Last Modified: 30 Oct 2016 03:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17004
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item