Opini Penonton Surabaya Terhadap Program Infotainment “Silet” di RCTI (Studi Deskriptif Opini Penonton Surabaya Terhadap Program Infotainment “Silet” di RCTI)

Rostianingtyas D.A, 070610213 (2011) Opini Penonton Surabaya Terhadap Program Infotainment “Silet” di RCTI (Studi Deskriptif Opini Penonton Surabaya Terhadap Program Infotainment “Silet” di RCTI). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-rostianing-14114-fis.k.12-0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-rostianing-16769-abstrak-0.pdf

Download (618kB) | Preview

Abstract

Opini penonton Surabaya terhadap program infotainment “Silet” di RCTI (Studi Deskriptif opini penonton Surabaya terhadap program infotainment “Silet” di RCTI). Hal ini berangkat dari adanya pro dan kontra yang terjadi pada program infotainment “Silet” di RCTI. Pro yang terjadi adalah banyaknya masyrakat yang senang dengan program infotainment “Silet”. Akan tetapi adanya kontra yang menyatakan bahwa program infotainment “Silet” dapat merusak moral. Hal inilah yang menjadi peneliti tertarik untuk meneliti opini penonton terhadap program infotainment “Silet” di RCTI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kecenderungan opini penonton yang mengarah pada opini positif atau negatif terhadap program infotainment “Silet” di RCTI. Teori yang digunakan adalah teori S-O-R dimana adanya stimulus yang dikirim dari program infotainment kepada komunikan, sehingga akan menghasilkan respon positif atau negative. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan tipe deskriptif. Dimana peneliti menggunakan alat ukur dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden dengan usia 20 hingga 40 tahun, hal ini dikarenakan menurut hasil Research AGB Nielsen menyatakan bahwa acara infotainment banyak diminati oleh kalangan dewasa muda. Sedangkan berdasarkan referensi Monk, F.J., Knoer, & Siti Rahayu H mengatakan bahwa usia dewasa muda adalah usia 20 hingga 40 tahun. Dan mereka adalah responden yang pernah menonton tayangan infotainment. Dalam metode survey disini peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Dalam hal ini peneliti menyeleseksi dengan kriteria-kriteria yang sesuai dengan peneliti, seperti dengan memberikan pertayaan filter dalam kuesioner, apakah narasumber pernah menonton. Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan tabel frekuensi dan tabulasi silang. Hasil dari penelitian ini mengarah pada kecenderungan opini negatif terhadap tayangan program infotainment ”Silet” di RCTI. Hal ini dikarenakan bahwa penonton setuju bahwa isi tayangan program infotainment ”Silet” hanya berbicara masalah kehidupan pribadi artis/selebritis, sehingga dapat merusak moral.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K. 122/10 Ros o
Uncontrolled Keywords: TELEVISION PROGRAM - OPINIION
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Rostianingtyas D.A, 070610213UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSiti Sutarsih Andarini, Dra, SUUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 1905 12:00
Last Modified: 30 Oct 2016 03:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17007
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item