TAKTIK KOMUNIKASI PEMASARAN PT. EXCELCOMINDO PRATAMA, Tbk. (XL) MELALUI EVENT XLENT HEROES COMMUNITY UNTUK MERAIH TARGET AUDIENCE REMAJA DI JAWA TIMUR

WIDYA AULIA RUFAIDA, 070610207 (2009) TAKTIK KOMUNIKASI PEMASARAN PT. EXCELCOMINDO PRATAMA, Tbk. (XL) MELALUI EVENT XLENT HEROES COMMUNITY UNTUK MERAIH TARGET AUDIENCE REMAJA DI JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-rufaidawid-14120-fis.k.12-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-rufaidawid-16774-abstrak-0.pdf

Download (764kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tentang taktik komunikasi pemasaran XL melalui event Xlent Heroes Community untuk meraih target audience remaja Di Jawa Timur. Target Audience merupakan salah satu komponen penting yang harus ditentukan dalam melakukan Pemasaran. Untuk menjaring pasar secara optimal tidak dapat dipungkiri bahwa segmen-segmen audience merupakan hal mutlak yang harus diperhatikan mengingat saat ini audience semakin mengelompok dalam segmen yang kecil dengan kebiasaan dan karakter yang semakin unik. Xlent Heroes merupakan salah satu sarana yang dibuat oleh XL sebagai penyedia layanan jasa untuk memasarkan produknya sekaligus melakukan pendekatan dan maintenance pelanggan yang bisa dibilang sangat segmentif. Pasar yang coba diraih oleh XL melalui event-event dalam Xlent Heroes adalah kalangan muda yang merupakan pasar yang cukup potensial mengingat karakteristiknya yang cenderung pemilih atau belum bisa menetap pada salah satu pilihan layanan operator yang ada saat ini. Berdasarkan hal tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : bagaimana taktik komunikasi pemasaran XL melalui event Xlent heroes community untuk meraih target audience remaja di jawa timur? Perusahaan yang akan diteliti di sini adalah Xl yang awalnya memiliki segmen untuk semua umur, akan tetapi Xl akhirnya memilih untuk fokus dalam melakukan maintaining terhadap salah satu segmen yaitu segmen remaja dengan mengadakan suatu event yang dinamakan Xlent Heroes Community. Karena event dianggap taktik komunikasi pemasaran yang dapat digunakan untuk meraih segmen tertentu. Tinjauan pustaka yang digunakan adalah, komunikasi pemasaran, Below the line promotion, jenis-jenis event dan tahapan perencanaan event Metodologi penelitian yang digunakan disini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian tersebut digunakan untuk menggambarkan taktik komunikasi pemasaran dalam menggunakan event Xlent Heroes yang dalam meraih target audience remajanya. Melalui hasil penelitian dan analisis data dalam penelitian ini, kali ini taktik komunikasi pemasaran yang digunakan XL. adalah mengikuti proses pelaksanaan event yang terdiri dari Perencanaan, Publikasi, Implementasi dan Evaluasi. Dalam melakukan pelaksanaan event tersebut, tidak ada masalah yang berarti terhadap tahapan-tahapan tersebut. Sedangkan untuk evaluasi yang dilakukan XL sendiri dalam event ini adalah. Evaluasi yang dilakukan oleh pihak XL dengan menggunakan report-report, dan juga evaluasi yang dilakukan oleh pihak Prambors selaku media partner event ini. Translation: This research is discussed about XL strategy of marketing communication with Xlent Heroes Community to reach the audience target in East Java. Audience target is one of the important component that must be define to do marketing activity. For getting optimum market, we can not deny that audience segments is the basic thing that must be explore due to the characteristic of the audience, now audience can be grouped into small segment based on the habit and the characteristic. Xlent Heroes is one of event created by XL as one of the telocommunication provider to promote their product and and maintain the segmentif subscribers. XL desire to reach the potential youth market from Xlent heroes event due to the characteristic of the youth that still can not loyal to one of telecommunication provider services Based on that reality, the concept of this research is: “How is the marketing communication strategies within Xlent heroes community event to reach audience target in east java?” XL, one of Telecommunication services provider, basically has their focus on all segment of age, but finally they choose to maintain youth customers within Xlent Heroes event for their strategic to use event as media to attract youth customer. The theories that have used in this research is marketing communication, Below the Line Promotion, Event and its characteristic, and event planning. Qualitatif method is used in this research metodology consist of case study and descriptive type of research. From this research result and data analisys, it can be conclude that the step of the event consist of planning, publicating, implementing and evaluating. From the evaluation after Xlent heroes event, there is no big matter from the step of creating event, but there still many things to improve after the event, they are the amount of the participants, the running of event and the habit of participant.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.123/10 Ruf t
Uncontrolled Keywords: COMMUNICATION MARKETING; TEENAGE COMMUNITY
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
WIDYA AULIA RUFAIDA, 070610207UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYAN YAN CAHYANA, Drs, MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 1905 12:00
Last Modified: 30 Oct 2016 03:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17008
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item