OPINI KARYAWAN MENGENAI “MAJALAH TERPERCAYA” BANK JATIM DI WILAYAH KANTOR PUSAT SURABAYA

ALRYDHA YUSRIAL, 070417440 (2008) OPINI KARYAWAN MENGENAI “MAJALAH TERPERCAYA” BANK JATIM DI WILAYAH KANTOR PUSAT SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2009-yusrialalr-16878-abstrak-0.pdf

Download (656kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2009-yusrialalr-14200-fis.k.46-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran opini atau pendapat publik mengenai media internal yang dimiliki oleh sebuah perusahaan yang digunakan sebagai sarana media komunikasi baik terhadap pihak internal dan pihak eksternal yang terkait dengan perusahaan. Penelitian ini adalah opini karyawan mengenai majalah “Terpercaya” Bank Jatim di wilayah kantor pusat Surabaya. Lokasi penelitian adalah di kantor pusat Bank Jatim Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana opini karyawan mengenai majalah Terpercaya yang meliputi isi / rubrik majalah dan bentuk fisik majalah tersebut. Penelitian ini menggunakan kajian public relations yaitu media internal. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah opini, public relations, majalah sebagai media komunikasi internal, dan karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif, dengan tujuan ingin memberikan gambaran mengenai opini karyawan terhadap majalah Terpercaya. Penelitian ini menggunakan metode survey, dengan kuesioner sebagai alat pengumpul datanya atau instrument penelitiannya. Opini dalam penelitian ini dimaksud sebagai pernyataan atau pendapat karyawan mengenai isi / rubrik majalah serta bentuk fisik majalah secara keseluruhan. Opini dalam penelitian ini dibagi dalam dua kategori yaitu opini yang bersifat positif (favourable), dan opini yang bersifat negatif (unfavourable). Peneliti menggunakan skala likert karena dapat digunakan untuk mengukur sebuah sikap, pendapat atau opini. Hasil penelitian yang diperoleh adalah secara keseluruhan opini karyawan mengenai majalah Terpercaya yang meliputi isi / rubrik majalah dan bentuk fisik majalahnya adalah opini yang bersifat favourable, sehingga dapat dikatakan bahwa media internal Bank Jatim yang kedua ini cukup efektif sebagai media untuk memberikan pesan dan informasi kepada publiknya yaitu karyawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.46/10 Yus o
Uncontrolled Keywords: PUBLIC OPINION IN MASS MEDIA
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ALRYDHA YUSRIAL, 070417440UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorLiestianingsih D, Dra, MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 01 Jul 1905 12:00
Last Modified: 30 Oct 2016 03:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17011
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item