BENTUK – BENTUK KOMUNIKASI PEMASARAN CAK – CUK SURABAYA

MOCH. SUNNI AKBAR, 070517934 (2010) BENTUK – BENTUK KOMUNIKASI PEMASARAN CAK – CUK SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-akbarmochs-14224-fis.k.52-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-akbarmochs-16898-abstrak-0.pdf

Download (621kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan bentuk-bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan kecil atau UMKM dengan target pasar nasional. Dengan jumlah tenaga kerja, pangsa pasar, serta produksi yang tergolong minim menunjukkan UMKM memiliki keterbatasan dari berbagai aspek khususnya dana. Oleh karena itu, kemampuan untuk mempromosikan produknya juga sangat minim sehingga membutuhkan upaya komunikasi pemasaran tertentu yang dikombinasikan untuk menjadi alat yang ampuh, mengingat komunikasi pemasaran memiliki peran yang vital. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti tertarik untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Cak Cuk Surabaya sebagai salah satu UMKM yang merupakan sebuah brand yang mencoba menawarkan produk cinderamata dengan konsep nuansa khas Kota Surabaya mulai dari kaos, mug, pin, tas, hingga stiker agar dikenal secara nasional. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan bentuk-bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan Cak-Cuk Surabaya untuk menjadi cinderamata khas Kota Surabaya. Tinjauan Pustaka yang digunakan antara lain mengenai Integrated Marketing Communication sebagai sebuah pendekatan dalam komunikasi pemasaran, dan Promotional Mix. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan studi kasus sebagai metode penelitian dan tipe penelitian deskriptif. Sasaran penelitian adalah bentuk-bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan organisasi Cak-Cuk Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan analisis dokumen, sehingga unit analisis datanya berupa narasi-narasi hasil wawancara dan hasil analisis dokumen. Hasil dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa meskipun Cak Cuk Surabaya memiliki berbagai kendala khususnya dana, masih tetap dapat melakukan komunikasi pemasaran. Bentuk-bentuk komunikasi pemasaran yang diterapkan disesuaikan dengan dana yang dimiliki dan dikemas secara unik serta kreatif. Misalnya dalam advertising, memasang x-banner di dalam toko yang menampilkan beberapa foto publik figur seperti para aktris sinetron dan orang terkenal lainnya serta memanfaatkan mobil VW Combi sebagai toko berjalan. Dalam personal selling, bekerja sama dengan biro travel yang bertujuan meminimalisir karyawan. Kemudian juga menerapkan sales promotion dengan ikut tergabung dalam beberapa pameran. Selanjutnya, dalam publicity Cak Cuk Surabaya terbantu oleh liputan media mulai dari print media hingga broadcast media, serta sering menjadi sponsorship dan juga memanfaatkan internet melalui facebook dan website. Disamping keberadaan bentuk-bentuk komunikasi pemasaran tersebut, word of mouth memiliki peran dan kontribusi yang besar dalam mengkomunikasikan Cak Cuk Surabaya kepada konsumen. Terlepas dari itu, kesatuan dan saling melengkapi antara bentuk komunikasi pemasaran yang diterapkan manunjukkan Cak Cuk Surabaya juga melakukan pendekatan Integrated Marketing Communication.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.52/10 Akb b
Uncontrolled Keywords: COMMUNICATION IN MARKETING; STRATEGIC PLANNING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
MOCH. SUNNI AKBAR, 070517934UNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 1905 12:00
Last Modified: 30 Oct 2016 05:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17017
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item