STRATEGI KOMUNIKASI MEMPERTAHANKAN HUBUNGAN PADA PASANGAN PACARAN BEDA AGAMA Case Study tentang Pacaran Beda Agama

NANDA RIZKY AMELIA, 070517550 (2009) STRATEGI KOMUNIKASI MEMPERTAHANKAN HUBUNGAN PADA PASANGAN PACARAN BEDA AGAMA Case Study tentang Pacaran Beda Agama. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-amelianand-16899-abstrak-0.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-amelianand-14226-fis.k.53-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi yang digunakan pasangan pacaran beda agama dalam mempertahankan hubungannya. Fenomena pacaran beda agama banyak sekali ditemui di kehidupan masyarakat Indonesia yang mempunyai budaya dan sistem kepercayaan berbeda-beda, padahal ketika pacaran beda agama akan berlanjut ke jenjang sebuah pernikahan dimana pernikahan beda agama sendiri dianggap tabu bagi masyarakat di Indonesia apalagi pemerintah Indonesia mengesahkan Undang-Undang Perkawinan (pasal 2 ayat 1 tahun 1974) yang melarang adanya pernikahan beda agama di Indonesia sehingga pacaran beda agama dianggap beresiko rawan terjadinya sebuah konflik. Tinjauan Pustaka penelitian ini adalah teori tahapan-tahapan hubungan antar persona dan maintenance relationship (mempertahankan hubungan). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode case study untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan pasangan pacaran beda agama dalam mempertahankan hubungannya. Subjek penelitian ini adalah pasangan pacaran beda agama. Data diperoleh melalui wawancara mendalam (depth interview). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi mempertahankan hubungan yang digunakan oleh kelima pasangan informan yang berbeda-beda dan unik baik komunikasi verbal maupun nonverbal antara lain memberikan jaminan sebuah komitmen dengan cara memberikan perhatian, kasih sayang, membicarakan masa depan mengenai hubungan yang dijalani, saling mendukung pasangan apabila pasangannya mempunyai masalah, mengantar-jemput di tempat ritual agama pasangannya, saling mengingatkan untuk melaksanakan ritual agama, saling memberikan ucapan di hari raya besar pasangannya, saling berbagi cerita dan sering berbagi pengetahuan mengenai agama pasangannya, membahas mengenai komitmen hubungan pacaran hingga merencanakan ke jenjang pernikahan, saling menghindari konflik agama dengan pasangannya, saling memberikan solusi yang tepat untuk menyelesaikan konflik, Tenggang rasa dan berpikiran positif terhadap pasangannya yang berbeda agama agar cara tidak cemburu, iri hati terhadap pasangan lainnya saling percaya bahwa pasangannya adalah yang terbaik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.53/10 Ame s
Uncontrolled Keywords: INTERFAITH MARRIAGE
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
NANDA RIZKY AMELIA, 070517550UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Moerdijati, MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 2015 12:00
Last Modified: 30 Oct 2016 05:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17018
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item