ANALISIS SEMIOTIK CORPORATE IMAGE DALAM IKLAN MEDIA CETAK BANK CIMB NIAGA

Diana Anggraini, 070610233 (2010) ANALISIS SEMIOTIK CORPORATE IMAGE DALAM IKLAN MEDIA CETAK BANK CIMB NIAGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-anggrainid-17123-abstrak-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
17038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fenomena merger antara Bank Niaga dan LippoBank yang menghasilkan Bank CIMB Niaga menarik untuk diteliti karena kedua bank tersebut adalah dua perusahaan besar dan telah menjalankan usahanya di Indonesia selama beberapa dasawarsa, memiliki target segmen yang berbeda dan kemudian mengalami merger karena kebijakan Single Presence Policy dari Bank Indonesia. Corporate image adalah bagaimana suatu perusahaan dipersepsikan dan dilihat oleh masyarakat atau publik, terbentuk dari kontak dengan perusahaan dan dengan menginterpretasikan informasi mengenai perusahaan, yang didapatkan dari produk-produk dan iklan-iklan dari perusahaan tersebut. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui bagaimana corporate image yang ada dalam iklan CIMB Niaga. Penelitian ini menggunakan metodologi analisis isi kualitatif dengan metode semiotik Peirce yang menekankan pada kategori hubungan tanda dengan acuannya. Sistem tanda berupa gambar dan tulisan dalam iklan media cetak Majalah Tempo menggambarkan corporate image CIMB Niaga. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan dan penginterpretasian tanda berupa ikon, indeks dan simbol-simbol iklan cetak CIMB Niaga di Majalah Tempo. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti sejak terjadi merger hingga akhir 2009, peneliti menemukan 4 iklan cetak Bank CIMB Niaga dalam Majalah Tempo. Hasil penelitian menunjukkan keempat iklan cetak CIMB Niaga yang ditemukan peneliti merepresentasikan citra korporat CIMB Niaga yang positif. Gabungan dari logo dan ikon-ikon lain dalam iklannya akhirnya membentuk sebuah corporate image dari CIMB Niaga. Corporate image CIMB Niaga lebih menonjolkan nilai-nilai positif yang ada dalam entitas Bank Niaga yang lebih dipertahankan daripada Lippobank.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.100/10 Ang a
Uncontrolled Keywords: ADVERTISING; BANK
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Diana Anggraini, 070610233UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTitik Puji Rahayu, S.Sos., M.CommsUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 1905 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 20:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17038
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item