PENATAAN PROGRAM (Programming) PADA RADIO BERSEGMEN REMAJA DI SURABAYA (Studi Deskriptif Penataan Program (Programming) program Request Indonesia Siang di Radio EBS FM Surabaya)

Ricky Bagus Pratama, 070610115 (2010) PENATAAN PROGRAM (Programming) PADA RADIO BERSEGMEN REMAJA DI SURABAYA (Studi Deskriptif Penataan Program (Programming) program Request Indonesia Siang di Radio EBS FM Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-pratamaric-14352-fis.k.10-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-pratamaric-17128-abstrak-0.pdf

Download (566kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan stasiun radio di kota besar seperti Surabaya saat ini berkembang cukup pesat. Banyak stasiun radio baru bermunculan dengan segmentasi pendengar dan format yang sama. Hal ini membuat persaingan antara stasiun radio semakin meningkat karena kesamaan segmen pendengar yang akan mereka raih. Stasiun radio yang memiliki segmentasi pendengar yang sama akan berlomba untuk menghasilkan sebuah program yang mampu meraih pendengar sebanyak-banyaknya. Keefektifan sebuah program dalam meraih pendengar tergantung pada bagaimana proses penataan program (programming) yang dilakukan oleh sebuah stasiun radio. Kecermatan pengelola stasiun radio dalam mengetahui karakteristik, aktivitas, dan kebutuhan dari target pendengar akan menentukan proses penataan program (programming) itu sendiri. Selain kecermatan dalam membaca keadaan target pendengar, penyusunan unsur atau elemen dalam sebuah program juga mempengaruhi efektifitas sebuah program dalam meraih target pendengar. Penelitian ini menggambarkan bagaimana proses penataan (programming) pada sebuah program request lagu, “Request Indonesia Siang” di Radio EBS FM dalam usaha menjangkau target pendengar mereka serta apa saja unsur -unsur dalam program request tersebut. Bagaimana unsur-unsur tersebut digabungkan menjadi sebuah program request secara utuh yang disiapkan untuk target pendengar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara atau depth interview kepada para pihak-pihak yang terkait dalam proses penataan program tersebut. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa proses penataan program pada program Request Indonesia Siang ini dilakukan oleh beberapa pihak seperti program director, music director, script writer, on air coordinator dan announcer sesuai dengan tugas dan kebijakannya masing-masing. Unsur-unsur yang ada dalam program ini adalah musik, iklan, dan info yang semuanya disusun oleh announcer dalam sebuah roda pemrograman atau hot clock. Hot clock ini merupakan panduan announcer ketika melakukan siaran program Request Indonesia Siang agar sesuai dengan format stasiun yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.103/10 Pra p
Uncontrolled Keywords: RADIO; TEENAGERS
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Ricky Bagus Pratama, 070610115UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Sutarsih, Dra SUUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 2015 12:00
Last Modified: 31 Oct 2016 17:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17040
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item