PREFERENSI PROGRAM-PROGRAM ACARA TELEVISI PADA ANAK-ANAK (Studi Deskriptif Preferensi Program-Program Acara Televisi Pada Anak-Anak Sekolah Dasar Antara Usia 6 S/D 12 Tahun Di Surabaya)

EKI SAIROMA SITUMEANG, 070610048 (2010) PREFERENSI PROGRAM-PROGRAM ACARA TELEVISI PADA ANAK-ANAK (Studi Deskriptif Preferensi Program-Program Acara Televisi Pada Anak-Anak Sekolah Dasar Antara Usia 6 S/D 12 Tahun Di Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-situmeange-14404-fis.k.10-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-situmeange-17208-abstrak-0.pdf

Download (628kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Televisi telah menyita sebagian besar waktu anak-anak yang sebenarnya digunakan untuk aktifitas penting, seperti bermain dan bersosialisasi bersama teman, istirahat yang cukup, dan mengurangi interaksi sosial dengan lingkungan diluar keluarga. Kini, menonton televisi telah menjadi salah satu aktivitas keseharian yang paling digemari di kalangan anak-anak. Televisi mempunyai tempat dan daya tarik tersendiri bagi mereka. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa rata-rata anak usia sekolah dasar menonton televisi antara 30 hingga 35 jam setiap minggu. Artinya, seorang anak menghabiskan waktunya di depan televisi sekitar 5 sampai 6 jam setiap harinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif, Kerangka pikiran yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian ini adalah beberapa teori yang dikembangkan oleh Melvin D. Defleur. Perspektif Perbedaan Individual, Perspektif Kategori sosial, dan Perspektif Hubungan Sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, Dalam penelitian ini peneliti akan memfokuskan pada usia 6 – 12 tahun berdasarkan pertimbangan bahwa Anak-anak merupakan penonton yang memilki tingkat keaktifan yang tinggi dalam menonton televisi, namun tingkat selektivitas dan pemahaman akan realitasnya masih rendah. Penelitian ini mengguunakan teknik purposive sampling untuk mendapatkan sampel penelitian. Berdasarkan data yang diperoleh dari kuisoner dengan pertanyaan terbuka serta observasi dan wawancara tidak terstruktur, data yang diperoleh Hasil dari Penelitian ini menunjukkan berbagai faktor yang membentuk pilihan program acara dan pola penggunaan bentuk media hiburan setiap informan penelitian. Berdasarkan uraian yang ada pada interpetasi data serta mengacu pada latar belakang dan rumusan masalah, peneliti menarik kesimpulan sebagai berikut: Preferensi mengenai pilihan-pilihan program acara yang ditonton anak-anak sekolah sekolah dasar antara usia 6 s/d 12 di Surabaya dipengaruhi beberapa faktor seperti 1) faktor perbedaan pengalaman individu dalam memilih program acara favorit, 2) faktor kategori sosial (SES) keluarga, pengaruh orang tua, dan 3) hubungan sosial indiviu dengan peer group yang ada di lingkungannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.107/10 Sit p
Uncontrolled Keywords: TELEVISION PROGRAMS - CHILDREN
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ767.8-792.2 Children. Child development
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
EKI SAIROMA SITUMEANG, 070610048UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLiestianingsih D, Dra. , MSiUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 1905 12:00
Last Modified: 31 Oct 2016 18:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17044
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item