ANALISIS ISI SURAT PEMBACA HARIAN SURYA (Studi Deskriptif Isi Surat Pembaca Tentang Pelayanan Publik di Kolom Suara Publik Harian Surya Periode Januari - Maret 2009)

KONDANG SEKAR INGRUM, 070417491 (2010) ANALISIS ISI SURAT PEMBACA HARIAN SURYA (Studi Deskriptif Isi Surat Pembaca Tentang Pelayanan Publik di Kolom Suara Publik Harian Surya Periode Januari - Maret 2009). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-ingrumkond-14407-fis.k.11-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-ingrumkond-17212-abstrak-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pers sebagai media komunikasi massa memiliki beberapa komponen didalamnya, yaitu pers itu sendiri sebagai lembaga dan sebagai media, komunikator, pesan yang disiarkan pers, dan komunikan. Pers dalam kaitannya sebagai pembentuk opini publik dan kontrol sosial, pers menjalankan fungsi normatifnya yaitu menyampaikan kritik sosial, menyalurkan aspirasi sosial, dan aspirasi masyarakat. Dalam tataran prakteknya, kontrol sosial pers tersalurkan melalui sikap kritis pers dalam menyajikan pemberitaan dan tulisan opininya. Salah satu perwujudannya adalanya kolom atau rubrik untuk menampung pendapat atau pandangan (opini). Dengan adanya kebebasan menyampaikan pendapat, surat pembaca seringkali dijadikan sarana komunikasi bagi masyarakat yang prnah kecewa dan tidak puas terhadap layanan publik. Isi dari surat pembaca itu sendiri bisa ditujukan kepada sesama pembaca, kepada pemerintah, dan kepada semua masyarakat. Oleh karena itulah, peneliti tertarik untuk meneliti Harian Surya yang menyediakan kolom surat pembaca sebagai sarana komunikasi dalam menyampaikan kritikan, keluhan, pendapat, dan sanjungan terhadap pelayanan publik, dimana masyarakat cukup mengirimkan pesan SMS (Short Message Service) dalam menyuarakan keluhan atau pendapatnya yang berkaitan dengan pelayanan publik. Kerangka konsep dalam penelitian ini adalah pers dan fungsinya, surat pembaca sebagai bentuk opini, organisasi pemerintah, dan pedoman pelayanan publik. Metode yang digunakan content analysis-kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Populasi penelitiannya adalah jumlah keseluruhan dari kolom suara publik dengan unit analisisnya berupa tema-tema keluhan publik selama bulan Januari-Maret 2009. Kategorisasi yang digunakan berdasarkan bidang layanan publik sesuai dengan Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 14 Tahun 2006 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Propinsi Jawa Timur Nomor 11 Tahun 2005 Tentang Pelayanan Publik Propinsi Jawa Timur. Berdasarkan temuan dan analisis data, terdapat 154 surat pembaca di kolom suara publik Harian Surya periode Januari-Maret 2009. maka kesimpulannya adalah tema keluhan publik terbanyak adalah mengenai layanan fasilitas umum sebanyak 67 keluhan, dimana sebagian besar mengeluh tentang masalah kerusakan jalan dan tema keluhan trendah adalah mengenai layanan kependudukan dan pertanahan dimana tidak terdapat keluhan. Sedangkan pihak yang menjadi sasaran publik sebagian besar ditujukan untuk pihak Dinas Perhubungan sebesar 69 keluhan dan sebanyak 26 keluhan ditujukan pada pihak PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.110/10 Ing a
Uncontrolled Keywords: NEWSPAPER
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
KONDANG SEKAR INGRUM, 070417491UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLiestianingsih D, Dra. , MSiUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 2015 12:00
Last Modified: 31 Oct 2016 19:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17046
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item