STRATEGI MARKETING COMMUNICATIONS UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBER DAN NON-MEMBER TERHADAP THE TAMAN DAYU CLUB PASCA TERJADINYA LUMPUR PORONG (Studi Kasus Implementasi Strategi Divisi Marketing Communications The Taman Dayu Club Pasca Terjadinya Lumpur Po

AULIA MURSALINI, 070710341 (2010) STRATEGI MARKETING COMMUNICATIONS UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBER DAN NON-MEMBER TERHADAP THE TAMAN DAYU CLUB PASCA TERJADINYA LUMPUR PORONG (Studi Kasus Implementasi Strategi Divisi Marketing Communications The Taman Dayu Club Pasca Terjadinya Lumpur Po. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2011-mursalinia-17214-abstrak-0.pdf

Download (624kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
17047.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebuah perusahaan memerlukan customer untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Namun, bukan tidak mungkin jika kemudian customer kehilangan minatnya terhadap perusahaan dan mulai pergi dikarenakan satu dan lain hal. Perusahaan ini kemudian akan dihadapkan pada krisis kehilangan customer. Inilah yang juga terjadi pada The Taman Dayu Club. Sebuah perusahaan yang bergerak di industri wisata golf ini mengalami krisis, yakni menurunnya minat member dan non member untuk bermain golf di The Taman Dayu Club. Lumpur Porong dianggap menjadi isu terbesar yang mengakibatkan penurunan tersebut. Imbas dari adanya Lumpur Porong tersebut adalah terputusnya jalan tol Porong yang menghubungkan Surabaya dengan beberapa kota di Jawa Timur lainnya, dan salah satunya adalah Pandaan tempat bernaungnya The Taman Dayu Club. Berangkat dari permasalahan tersebut, peneliti ingin mengetahui gambaran mengenai implementasi dari strategi marketing communications yang dilakukan The Taman Dayu Club untuk meningkatkan minat member dan non member bermain golf di The Taman Dayu Club selama kurun waktu 3 tahun (2007-2009) setelah terjadinya Lumpur Porong di tahun 2006 silam. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara detil dan mendalam mengenai implementasi strategi marketing communications yang dilakukan divisi marketing communications The Taman Dayu Club untuk mencapai objective tersebut, yakni meningkatkan minat member dan non member terhadap The Taman Dayu Club. Di dalam penelitian ini akan melihat aspek bauran komunikasi pemasaran, dimana didalamnya terdapat advertising, sales promotions, public relations, direct marketing, personal selling, dan internet marketing yang masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan yang saling melengkapi satu sama lain. Pendekatan dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dengan tipe penelitian deskriptif. Dengan metode ini, peneliti ingin memperoleh gambaran mengenai implementasi dari strategi yang dilakukan divisi marketing communications The Taman Dayu Club pasca terjadinya Lumpur Porong. Data yang diperoleh dari penelitian ini dijabarkan secara detil dan mendalam. Kesimpulan yang dapat diperoleh adalah divisi marketing communications The Taman Dayu Club menerapkan keseluruhan bauran komunikasi pemasaran di setiap kegiatannya, namun isu lumpur porong yang dianggap sebagai isu utama penyebab menurunnya minat member dan nonmember tidak banyak memberikan pengaruh pada setiap kegiatan marketing communications yang dilakukan. Begitu juga dengan pembentukan divisi marketing communications di tahun 2007 yang dianggap perlu untuk menanggulangi krisis yang terjadi rupanya tidak terlalu memberikan hasil yang signifikan pada roundplay di tahun 2008 dan 2009.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.111/10 Mur s
Uncontrolled Keywords: MARKETING COMMUNICATION
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AULIA MURSALINI, 070710341UNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 1905 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 20:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17047
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item