REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM IKLAN PRODUK TEKNOLOGI

CHRISTINA MARGARETHA, 070517822 (2009) REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM IKLAN PRODUK TEKNOLOGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2009-margaretha-17870-abstrak-0.pdf

Download (645kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2009-margaretha-14935-fis.k.39-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengenai representasi perempuan dalam iklan produk teknologi, khususnya iklan cetak. Penggunaan perempuan dapat dilihat dihampir semua jenis produk yang ditawarkan pada saat ini, mulai dari produk kebutuhan sehari-hari, kesehatan, kecantikan, otomotif, serta teknologi. Penelitian mengenai perempuan dalam iklan telah banyak dilakukan. Namun, peneliti melihat bahwa penelitian mengenai perempuan dalam iklan produk teknologi masih jarang dilakukan.Adanya anggapan bahwa teknologi merupakan ’dunia’ laki-laki ditambah banyaknya penggunaan perempuan dalam iklan produk teknologi menjadi salah satu alasan peneliti tertarik untuk meneliti hal ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode semiotik dengan pendekatan struktural. Konsep struktural yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah sintagma-paradigma. Konsep yang digunakan antara lain, konstruksi ideologi gender dan perempuan, iklan sebagai media representasi serta semiotik dalam iklan cetak. Ada beberapa temuan penelitian ini, yaitu adanya pengukuhan anggapan bahwa teknologi merupakan ‘dunia’ laki-laki, dimana laki-laki sebagai pencipta (creators) dan perancang (designer) teknologi. Oleh karena, teknologi merupakan ‘milik’ laki-laki maka sosok perempuan ditampilkan hanya sebagai ‘tempelan’ saja. Dengan kata lain perempuan dijadikan sebagai objek yang ujung-ujungnya memicu komodifikasi perempuan. Selain itu, pada kedua iklan ini juga terlihat bahwa penggambaran sosok perempuan yang diidentikkan dengan teknologi. Dengan kata lain sosok perempuan disamakan dengan produk teknologi yang diiklankan. Hal-hal/ nilai-nilai yang melekat pada sosok perempuan juga dilekatkan dengan produk teknologi yang diiklankan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKB Fis K 39/10 Mar r
Uncontrolled Keywords: WOMEN IN MASS MEDIA ADVERTISING - TELEVISION PROGRAMS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ1101-2030.7 Women. Feminism
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
CHRISTINA MARGARETHA, 070517822UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYayan Sakti Suryandoro, S.Sos., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 01 Jul 1905 12:00
Last Modified: 01 Nov 2016 10:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17054
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item