PERAN PRODUSER DALAM PRODUKSI PROGRAM BERITA SBO TV

CAHYA PUSPITA WARDHANI, 070517652 (2009) PERAN PRODUSER DALAM PRODUKSI PROGRAM BERITA SBO TV. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2009-wardhanica-17936-abstrak-0.pdf

Download (629kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2009-wardhanica-14962-fis.k.45-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran produser dalam memproduksi program berita SBO TV. Di dalam memproduksi sebuah program terdapat 3 tahap yang dilalui yaitu tahap pra, tahap produksi dan tahap pasca. Tahap pra meliputi penemuan ide, perencanaan dan persiapan. Tahap produksi merupakan eksekusi perencanaan di tahap pra, sedangkan pasca meliputi editing yang kemudian ditayangkan di televisi. Produser berperan sebagai pemegang kendali (controller) terhadap isi materi dari program yang diproduksinya. Hal ini menjadi menarik untuk dipertanyakan, bagaimana peran produser pada masing-masing program berita yang ada di SBO TV. Peran disini dari proses pra hingga program tersebut ditayangkan. Dalam SBO TV, format penyajian berita yang dimiliki terdiri dari tiga ragam yaitu hard news, soft news dan feature. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan metode penelitian studi kasus dan tipe penelitian deskriptif. Sasaran penelitian adalah produser Jurnal, produser New VJ’s, produser Warna-Warna Kehidupan dan produser TOS. Teknik pengumpulan data mempergunakan wawancara mendalam dan observasi, sehingga unit analisis data berupa narasi-narasi hasil wawancara dengan keempat produser tersebut. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa peran produser di tiap program berita memiliki beberapa persamaan. Namun dalam melaksanakan perannya, penulis menemukan perbedaan dalam memproduksi di setiap programnya. Perbedaan tersebut terletak pada treatment dan standar yang ditetapkan tiap produser yang disesuaikan dengan format penyajian dan konsep awal pembuatan program. Tiap produser juga memiliki strategi dan tindakan terhadap program beritanya agar tetap sesuai dengan identitas SBO. Selain itu, penelitian ini mengungkap bahwa tiap produser tetap terpicu semangat untuk membuat tayangan menjadi lebih baik agar terhindar dari pemberhentian tayangan. Hal yang dilakukan agar tetap produktif dalam memproduksi adalah dengan sering evaluasi dan perbaikan dari periode satu ke periode berikutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKB Fis K 45/10 War p
Uncontrolled Keywords: MOTION PICTURE
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1176-1281 Social influence. Social pressure
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
CAHYA PUSPITA WARDHANI, 070517652UNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 01 Jul 1905 12:00
Last Modified: 01 Nov 2016 11:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17057
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item