MOTIF MENGGUNAKAN MOBILE CHAT PADA KALANGAN REMAJA DI SURABAYA

NIKEN WAHYUNI RAHAYU, 070610220 (2010) MOTIF MENGGUNAKAN MOBILE CHAT PADA KALANGAN REMAJA DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Fulltext)
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Kempulan dan Saran)
kesimpulan dan saran.pdf

Download (714kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mencari gambaran mengenai motif apa saja yang mempengaruhi remaja menggunakan mobile-chat. Berdasarkan pada pengolahan dan analisis data pada Bab III, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan mengenai motif penggunaan mobile chat pada kalangan remaja di Surabaya adalah sebagai berikut : 1. Motif utama yang paling banyak dijadikan alasan untuk menggunakan mobile chat yaitu motif Passing Time. Remaja memberikan jawaban terbanyak dan tertinggi untuk motif tersebut. Motif Passing Time merupakan motif yang digunakan pengguna untuk tujuan mengisi waktu luang mereka. Sedangkan pilihan tertinggi untuk kategori motif Passing Time adalah keinginan untuk menghilangkan kesepian. 2. Motif tertinggi selanjutnya ditempati oleh motif Utility. Remaja memilih motif Utility sebagai salah satu alasan terkuat mereka untuk menggunakan mobile chat. Motif Utility adalah motif yang mengarah pada fungsi menggunakan mobile chat. Motif menggunakan mobile chat sangat praktis karena dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja merupakan motif tertinggi dalam kategori ini. 3. Motif Seeking Information menempati ukuran berikutnya. Remaja sepakat bahwa motif tersebut adalah salah satu alasan yang mendorong mereka untuk menggunakan mobile chat. Motif Seeking Information merujuk pada kebutuhan informasi. Motif terbanyak pada kategori ini yaitu motif ingin menambah pengetahuan, wawasan, dan rasa ingin tahu. 4. Motif Convenience menempati urutan keempat tertinggi. Motif tersebut digunakan oleh remaja sebagai landasan untuk menggunakan mobile chat. Motif utama pilihan remaja untuk kategori motif Convenience adalah motif ingin menambah rasa percaya diri agar tidak dianggap gaptek (gagap teknologi). 5. Motif pada urutan paling akhir dalam mempengaruhi sikap remaja untuk menggunakan mobile chat adalah motif Entertainment. Motif ini berhubungan dengan pemenuhan terhadap pelepasan diri dan pemenuhan hiburan. Motif mencari hiburan menjadi motif utama pada kategori ini. Menjawab perumusan masalah yang kedua yaitu motif menggunakan mobile chat pada kalangan remaja di Surabaya dalam memilih berbagai fasilitas yang ada di dalam mobile chat adalah sebagai berikut : 1. Pemilihan fasilitas chat room didasarkan motif Seeking Information 2. Pemilihan fasilitas pendukung instant messaging didasarkan motif Passing Time 3. Pemilihan fasilitas pengiriman file didasarkan motif Utility 4. Pemilihan fasilitas private message didasarkan motif Entertainment

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKB Fis K 72/10 Rah m
Uncontrolled Keywords: TECHNOLOGY - GADGET; TEENAGE
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1421-1441 Young adults. Youth. Teenagers
T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
NIKEN WAHYUNI RAHAYU, 070610220UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIGAK Satrya Wibawa, S.Sos., MCAUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 2015 12:00
Last Modified: 03 Nov 2016 17:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17065
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item