STRATEGI e-MARKETING SEKTOR USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) SEBAGAI BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN Studi Deskriptif Penerapan Strategi e-Marketing (e-Strategy) oleh Sektor UKM sebagai Bauran Komunikasi Pemasaran di PT. Toko Mesin Maksindo, Malang.

SANDRA AMELIA ATUNGGAL, 070610317 (2010) STRATEGI e-MARKETING SEKTOR USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) SEBAGAI BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN Studi Deskriptif Penerapan Strategi e-Marketing (e-Strategy) oleh Sektor UKM sebagai Bauran Komunikasi Pemasaran di PT. Toko Mesin Maksindo, Malang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-atunggalsa-18104-abstrak-0.pdf

Download (777kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
17067.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang berusaha mengulas studi komunikasi pemasaran, yakni strategi e-marketing (e-strategy) sebagai bauran komunikasi pemasaran dalam sektor usaha kecil dan menengah (UKM). Obyek penelitian ini adalah PT. Toko Mesin Maksindo Group di kota Malang. Lebih lanjut, penelitian ini mengambil topik strategi e-marketing (e-Strategy) oleh sektor usaha kecil dan menengah (UKM) sebagai salah satu bauran komunikasi pemasaran, di PT. Toko Mesin Maksindo Group, kota Malang. Dengan makin kompetitifnya persaingan dunia bisnis – PT. Toko Mesin Maksindo menyadari perlunya suatu strategi yang matang dalam kegiatan komunikasi pemasarannya. Dalam kegiatan ini, perusahaan menggunakan alat promosi e-marketing atau yang lebih dikenal dengan internet marketing (e-strategy) – yang terdiri dari tahapan pemilihan segmen, target market, penentuan tujuan umum/keseluruhan perusahaan, dan pelaksanaan kegiatan positioning. Pendekatan segmentasi yang digunakan oleh perusahaan adalah demografis, sosiokultural, dan benefit. Kemudian target market yang dipilih adalah kalangan usaha kecil dan menengah (UKM) yang bergerak di bidang pengolahan makanan, minuman, pertanian, dan membutuhkan mesin pengemas, berada di kelas sosial B-E, serta membutuhkan bantuan alat/mesin dalam usaha mereka. Lebih lanjut, tujuan penggunaan e-marketing strategy adalah upaya untuk mengkomunikasikan brand dalam rangka membentuk serta menjaga brand (sizzle) dan sebagai bentuk pelayanan kepada konsumen (serve). Hal ini sesuai dengan visi perusahaan yang ingin menjadi one stop shopping & machinery consultant. Untuk positioning sendiri, strategi yang pertama adalah positioning by Quality/Price, yakni mengutamakan kualitas dibanding harga. Hal tersebut sesuai dengan tagline perusahaan yang menuliskan kata-kata ‘’Berpengalaman, Teruji, Bergaransi’’ di semua website perusahaan. Strategi kedua yang digunakan adalah positioning by Product Attribute/Benefit, dimana Maksindo memposisikan diri sebagai pusat aneka mesin dan konsultan mesin seperti terlihat dalam tagline di website.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKB Fis K 75/10 Atu s
Uncontrolled Keywords: MARKETING COMMUNICATION
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
T Technology > T Technology (General) > T173.2-174.5 Technological change
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
SANDRA AMELIA ATUNGGAL, 070610317UNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 2015 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 22:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17067
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item