STUDI KOMUNIKASI ANTAR PERSONA TENTANG VERBAL INFLUENCE STRATEGIES PADA ROMANTIC RELATIONSHIP REMAJA AKHIR USIA 17-21 TAHUN DALAM MEMPENGARUHI PASANGAN (INTERPERSONAL INFLUENCE GOALS)

ASTRI RACHMADANI, 070517643 (2009) STUDI KOMUNIKASI ANTAR PERSONA TENTANG VERBAL INFLUENCE STRATEGIES PADA ROMANTIC RELATIONSHIP REMAJA AKHIR USIA 17-21 TAHUN DALAM MEMPENGARUHI PASANGAN (INTERPERSONAL INFLUENCE GOALS). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-kkkkbfisk6-18135-abstrak-0.pdf

Download (643kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-rachmadani-15068-fis.k.63-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena timbulnya permasalahan/konflik dalam romantic relationship yang dijalin oleh remaja akhir. Konflik tersebut disebabkan adanya dialectical tension dalam diri seorang remaja. Konflik ini timbul karena adanya perbedaan kepemilikan power pada diri masingmasing individu yang terikat dalam romantic relationship. Hal ini bisa diatasi apabila mereka mampu mengkomunikasikan power ini dengan baik kepada pasangan masing-masing. Permasalahan ini merupakan satu dari berbagai macam masalah yang dihadapi oleh remaja yang menjalin romantic relationship dimana permasalahan penggunaan verbal influence strategies dalam interpersonal influence goals seringkali dipandang sebagai suatu masalah yang sepele. Padahal permasalahan ini sangat sering dihadapi oleh kalangan remaja dan membutuhkan perhatian yang lebih. Hal inilah yang pada akhirnya menggugah minat peneliti untuk menggambarkan verbal influence srategies remaja akhir berusia 17-21 tahun yang menjalin romantic relationship dalam tujuannya untuk mempengaruhi pasangan (interpersonal influence goals). Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pasangan remaja akhir berbeda jenis kelamin dengan usia anatara 17-21 tahun yang menjalin romantic relationship dan belum menikah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah in depth interview yang didukung dengan data sekunder melalui majalah dan internet. Untuk mempertajam analisis, juga akan dibahas mengenai verbal influence strategies, remaja akhir, interpersonal influence goals, attractiveness theory dan interdependence. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan verbal influence strategies dalam interpersonal influence goals bergantung pada kondisi dan karakteristik individu dan pasangannya di mana banyaknya penggunaan macammacam strategi oleh seseorang tidak bisa menunjukkan besarnya power yang dimiliki. Remaja laki-laki dan perempuan memiliki daerah penerapan power yang berbeda pada setiap individu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKB Fis K 63/10 Rac s
Uncontrolled Keywords: COMMUNICATION - ORGANIZATION
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ799.5-799.9 Young men and women
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
ASTRI RACHMADANI, 070517643UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndria Saptyasari, S.Sos., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 2015 12:00
Last Modified: 02 Nov 2016 02:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17070
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item