Opini Publik Terhadap Iklan Starbucks Versi PEMILU di Media Cetak ( Koran Kompas )

Vinatalia Aristy Dwitara, 070517587 (2010) Opini Publik Terhadap Iklan Starbucks Versi PEMILU di Media Cetak ( Koran Kompas ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-dwitaravin-18152-abstrak-0.pdf

Download (768kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-dwitaravin-15074-fis.k.58-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena bahwa opini publik perlu untuk dikaji, dipahami, dan dipergunakan karena mempunyai kekuatan, opini mampu mendukung suatu perusahaan tetapi juga dapat pula menghancurkan suatu perusahaan. Produk utama yang ditawarkan oleh Starbucks adalah kopi. Selain itu, dia juga menawarkan suasana yang nyaman sebagai sarana untuk bersosialisasi bagi masyarakat urban. Frekuensi beriklan Starbucks di media bisa dikatakan jarang , oleh karena itulah peneliti ingin mengetahui bagaimana opini khalayak terhadap iklan Starbucks tersebut. Karena iklan sebagai bentuk usaha pemasaran digunakan untuk mengkomunikasikan produk kepada konsumen. Kontribusinya bahkan telah menjadi referensi kebutuhan masyarakat. Ia “mengalir” bagaikan air sungai yang terus berusaha mempersuasi dan mengusik wilayah – wilayah kognisi pemirsanya, ia hadir tanpa mengenal batas ruang dan waktu untuk terus merongrong emosi pemirsa. Iklan telah menjadi fenomena tersendiri, sekaligus menambah deretan panjang daftar menu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Sebagai imbas dari suguhan iklan yang ada, tanpa paksaan telah mengkondisikan pemirsanya untuk rela merogoh koceknya hanya sekedar ingin mencoba suatu produk yang ditawarkan melalui iklan di televisi atau hanya sekedar memenuhi label atau tuntutan gaya hidup modern. Tinjauan Pustaka yang digunakan dalam penelitian ini berhubungan dengan opini, karena opini atau pendapat merupakan pernyataan yang sifatnya terbuka (overt) terhadap suatu isu atau persoalan tertentu yang diungkapkan baik secara tertulis maupun lisan. Opini erat kaitannya dengan persepsi, karena opini dapat mempengaruhi persepsi publik terhadap suatu organisasi atau perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sasaran penelitian secara umum adalah khalayak yang pernah melihat dan mengetahui iklan Starbucks versi PEMILU ini. Data – data dalam penelitian ini diperoleh langsung dari informan yang mengikuti kegiatan kelompok diskusi terarah ( Focus Group Discussion atau FGD ), kemudian dianalisis menjadi narasi - narasi kualitatif dengan terlebih dahulu menterjemahkan kedalam bentuk transkrip. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa opini publik terhadap iklan Starbucks versi PEMILU adalah positif. Menurut mereka dalam hal ini iklan Starbucks tersebut sama sekali tidak mengandung unsur politik dan tidak menguntungkan pihak tertentu. Iklan ini dianggap bagus, karena di samping promosi produk, Starbucks juga menunjukkan dukungan dan kepeduliannya terhadap penyelenggaraan sistem demokrasi di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKB Fis K 58/10 Dwi d
Uncontrolled Keywords: ADVERTISING; NEWSPAPER
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Vinatalia Aristy Dwitara, 070517587UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYan Yan Cahyana, Drs. M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 1905 12:00
Last Modified: 02 Nov 2016 16:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17073
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item