Bentuk-Bentuk Komunikasi Pemasaran PT. Djakarta Lloyd (Persero) Dalam Pemasaran Jasa Pelayaran

RIZAL MUTTAQIEN, 070417427 (2009) Bentuk-Bentuk Komunikasi Pemasaran PT. Djakarta Lloyd (Persero) Dalam Pemasaran Jasa Pelayaran. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2009-muttaqienr-18151-abstrak-0.pdf

Download (743kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
17074.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang menitikberatkan pada komunikasi pemasaran dan berfokus pada bentuk-bentuk promosi yang dilakukan oleh salah satu perusahaan milik negara (BUMN) yaitu PT. Djakarta Lloyd (Persero) yang memiliki memiliki visi untuk menuju kepada perusahaan pelayaran samudera yang sehat secara operasional dan finansial, serta menjadi operator pelayaran yang handal di tingkat nasional, regional, dan internasional. Sedangkan misi yang dimiliki adalah melaksanakan dan menunjang kebijakan dan program pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan pada umumnya. Upaya PT. Djakarta Lloyd (Persero) dalam memasarkan jasa, usaha yang selama ini telah dilakukan terlihat berjalan lancar dengan semakin bertambahnya klien yang menggunakan jasa PT. Djakarta Lloyd (Persero). Hal tersebut menandakan bahwa terdapat beberapa cara yang digunakan oleh PT. Djakarta Lloyd (Persero) melalui komunikasi pemasaran berhasil menarik konsumen. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menggambarkan tentang realisasi dari komunikasi pemasaran melalui bauran promosi yang dilakukan oleh PT. Djakarta Lloyd (Persero) dalam upaya pemasaran jasa pelayarannya. Dalam penelitian ini, terdapat dua tinjauan pustaka yang digunakan yaitu pemasaran dalam ranah komunikasi dan bauran promosi dalam bauran pemasaran. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dalam bentuk studi kasus, dengan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara mendalam, serta pengumpulan bahan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini berupa narasi-narasi kualitatif yang diperoleh selama pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa realisasi dari komunikasi pemasaran melalui bauran promosi yang dilakukan oleh PT. Djakarta Lloyd (Persero) dalam upaya pemasaran jasa pelayarannya adalah melalui semua sarana promosi yang digunakan dalam komunikasi pemasaran, yaitu personal selling, direct marketing, publicity atau public relations, advertising, interactive/internet marketing, dan sales promotion. Keenam sarana ini terbentuk dalam kesatuan guna mencapai tujuan perusahaan. Melalui keenam realisasi dari komunikasi pemasaran melalui bauran promosi yang dilakukan oleh PT. Djakarta Lloyd (Persero) dalam upaya pemasaran jasa pelayarannya, maka personal selling (direct shipping) dianggap oleh perusahaan sebagai bentuk promosi yang efektif saat ini. Akan tetapi bentuk promosi lainnya tetap dilaksanakan guna mencapai kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKB Fis K 64/10 Mut b
Uncontrolled Keywords: COMMUNICATION IN MARKETING; STRATEGIC PLANNING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
RIZAL MUTTAQIEN, 070417427UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDRatih Puspa, S.Sos., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 01 Jul 1905 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 17:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17074
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item