PROFIL PEMBACA DALAM MEMILIH RUBRIK MAJALAH COSMO GIRL (Studi Deskriptif tentang Profil Pembaca Dalam Memilih Rubrik Majalah Cosmo Girl di Wilayah Kotamadya Surabaya Berdasarkan Karakteristik Demografis)

Pohan, Imalia Fitrina (2010) PROFIL PEMBACA DALAM MEMILIH RUBRIK MAJALAH COSMO GIRL (Studi Deskriptif tentang Profil Pembaca Dalam Memilih Rubrik Majalah Cosmo Girl di Wilayah Kotamadya Surabaya Berdasarkan Karakteristik Demografis). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2009-imaliafitr-18203-abstrak-0.pdf

Download (43kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2009-imaliafitr-15098-fis.k.12-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Cosmo Girl adalah salah satu majalah remaja adopsi dari terbitan luar negeri pertama yang masuk di Indonesia. Dengan berbagai informasi yang ditawarkan melalui rubrik - rubriknya, majalah ini menawarkan suatu yang berbeda dibanding majalah lain. Begitu banyaknya rubrik fashion dan kecantikan yang ditampilkan diimbangi dengan rubrik mengenai karakter remaja ideal yang ditampilkannya lewat rubrik She's So CG!. Dari 42 rubrik yang disajikan tiap edisinya, tentu para pembaca memiliki pilhan favoritnya sesuai dengan karakteristik demografisnya. Untuk mengetahui pilihan rubrik oleh pembaca majalah ini maka perlu diketahui terlebih dahulu profil pembacanya berdasarkan karakteristik demografis yaitu dari usia, tingkat pendidikan, status pekerjaan, tingkat pendapatan dan penghasilan per bulannya. Landasan teori yang digunakan adalah komunikasi massa. Dimana majalah sebagai media komunikasi massa dan penelitian ini merupakan riset khalayak. Populasi penelitian ini adalah pembaca majalah Cosmo Girl di Surabaya yang melalui rumus Yamane menghasilkan 100 responden. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Tipe penelitian ini adalah deskriptif dengan tipe pengumpulan data melaluyi wawancara dan kuesioner. Data yang didapat selanjutnya dimasukkan ke dalam tabel frekuensi dan dilanjutkan dengan tabel silang untuk mendapatkan pilihan rubrik pembaca berdasarkan karakteristik demografisnya. Hasilnya profil pembaca majalah Cosmo Girl berdasarkan karakteristik demografisnya adalah mereka dengan usia 15 – 20 tahun, tingkat pendidikan SLTA, dengan pekerjaan sebagai mahasiswa. Hal tersebut sesuai dengan sajian rubrik serta target audience dari majalah ini. Ternyata dengan sajian informasi yang mengadopsi kepada budaya luar, pembaca majalah ini memiliki tingkat pengeluaran dan penghasilan yang cukup tinggi yaitu penghasilan > Rp. 2.000.000 dan pengeluaran antara Rp. 1.000.000 – Rp. 2.000.0000. Dari profil pembaca diatas berdasarkan data kuesioner mereka memilih 3 rubrik utama sebagai pilihannya yaitu rubrik Tips Seru, Peek A-Boo dan rubrik Trend Report sebagai rubrik yang paling disukai. Kedua dari tiga pilihan rubrik tersebut adalah rubrik yang menyajikan informasi mengenai tata busana terbaru adopsi dari luar negeri. Rubrik tersebut disukai karena informasinya yang terbaru dan dapat dipercaya oleh para pembacanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKB Fis K 128/10 Poh p
Uncontrolled Keywords: NEWS READER; MAGAZINE
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1176-1281 Social influence. Social pressure
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Pohan, Imalia FitrinaUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 01 Jul 2015 12:00
Last Modified: 02 Nov 2016 17:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17077
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item