STRATEGI PROMOSI KESEHATAN TENTANG LIMA IMUNISASI DASAR LENGKAP OLEH DINAS KESEHATAN KOTA SURABAYA TERHADAP PARA ORANG TUA DI SURABAYA

Manit Kusuma Puteri, 070610066 (2010) STRATEGI PROMOSI KESEHATAN TENTANG LIMA IMUNISASI DASAR LENGKAP OLEH DINAS KESEHATAN KOTA SURABAYA TERHADAP PARA ORANG TUA DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-puterimani-18457-abstrak-0.pdf

Download (723kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
17083.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif mengenai strategi promosi kesehatan tentang Lima Imunisasi Dasar Lengkap (LIL) oleh Dinas Kesehatan Kota Surabaya terhadap para orang tua yang mempunyai bayi di Surabaya. Dalam promosi kesehatan, proses komunikasi tidak hanya sebatas memberi informasi saja, namun juga mengikutsertakan aspek pendidikan atau edukasi yang disebut dengan KIE (Komunikasi Informasi Edukasi). Imunisasi sangat penting karena tanpa imunisasi, anak-anak dapat menderita penyakit-penyakit yang dapat berujung pada kematian. Anak-anak dapat dilindungi terhadap penyakit-penyakit ini dengan imunisasi.(Depkes RI & UNICEF). Surabaya dijadikan tempat penelitian karena tingkat heterogenitasnya yang tinggi sehingga memungkinkan munculnya keragaman cara promosi LIL. Dalam mempromosikan LIL, Dinkes Surabaya sebagai pihak produsen bekerjasama dengan Divisi Imunisasi, Pelayanan Kesehatan Dasar dan Puskesmas (pihak dalam). Serta juga pihak luar yaitu, Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), ‘Aisyiyah dan Muslimat. Masing-masing pihak ini memiliki cara masing-masing dalam berperan mempromosikan LIL. Di penelitian ini peneliti juga mengambil fokus di lima wilayah puskesmas yang menurut Dinkes Surabaya dianggap sulit dalam mempromosikan LIL yaitu wilayah Puskesmas Lontar, Wonokusumo, Pegirian, Mulyorejo dan Jagir untuk diteliti teknik promosi LILnya. Setiap puskesmas ternyata memiliki cara unik dan berbeda yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat dan wilayahnya. Hasilnya menunjukkan bahwa muncul teori Two Step Flow dan Model Difusi Inovasi di beberapa wilayah penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKB Fis K 89/10 Put s
Uncontrolled Keywords: HEALTH IN PROMOTION; PARENTING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Manit Kusuma Puteri, 070610066UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIGAK Satrya Wibawa, S.Sos., MCAUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 1905 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 17:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17083
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item