PENGARUH EVENT MARKETING L.A. LIGHTS CAMPUS LEAGUE DI SURABAYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PRODUK ROKOK L.A. LIGHTS’ (Studi Kasus Pelaksanaan Event Marketing di Universitas Surabaya)

Yuristo Ardhi Hanggoro, 070610036 (2010) PENGARUH EVENT MARKETING L.A. LIGHTS CAMPUS LEAGUE DI SURABAYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PRODUK ROKOK L.A. LIGHTS’ (Studi Kasus Pelaksanaan Event Marketing di Universitas Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-hanggoroyu-18461-abstrak-0.pdf

Download (864kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-hanggoroyu-15170-fis.k.94-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Komunikasi produk melalui media massa tidak memberikan jaminan produk tersebut diserap dengan cepat oleh konsumennya. Terlebih tuntutan konsumen semakin besar, salah satunya konsumen menginginkan hubungan yang lebih personal dengan produk. Konsumen kini menilai produk, merek, dan perusahaan secara menyeluruh berdasarkan pengalaman (experience) yang ditawarkan pada mereka. Banyak perusahaan mengubah strategi promosinya dari iklan ke aktivitas luar ruangan, seperti Event Marketing. Melalui Event Marketing, akan terbentuk pengalaman dalam diri konsumen melalui aktivitas yang menghibur (entertaining), melibatkan konsumen (engaging), memberikan sesuatu yang lebih dari yang diharapkan konsumen (boundary breaking), serta mampu menciptakan nilai (value creating) bagi perusahaan. Produk sensitif, seperti rokok, lebih nyaman menggunakan Event sebagai alat untuk berkomunikasi dengan konsumennya. Pendekatan melalui seminar, acara musik, bahkan olahraga digarap dengan serius oleh komunikator pemasaran produk rokok. Event yang dilaksanakan dibentuk agar sesuai dengan semangat yang ingin disampaikan produk untuk memudahkan konsumen mengasosiasikan Event Marketing dengan produk penyelenggaranya. Asosiasi ini berpotensi menuntun perubahan dalam sikap konsumen terhadap produk. Harapannya adalah konsumen menjadi semakin loyal. L.A. Lights melaksanakan Event kompetisi basket antar mahasiswa sebagai asosiasi produk dengan target market kalangan muda yang aktif dan dinamis. Melalui Event Marketing ini, L.A. Lights berharap agar mereknya mampu bertahan lama di benak konsumen. Ingatan jangka lama ini diharapkan menuntun perubahan sikap dan kepercayaan konsumen agar semakin loyal. Loyalitas diperoleh dari sejumlah interaksi dan komunikasi yang dirasakan konsumen. Sejumlah sub variabel diberikan untuk mengetahui pengaruh Event Marketing terhadap loyalitas konsumen. Selanjutnya akan diketahui sub variabel mana yang paling berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Secara simultan seluruh sub variabel Event Marketing L.A. Lights Campus League berpengaruh terhadap loyalitas konsumen produk rokok L.A. Lights. Sementara secara parsial, hanya sub variabel Involvement, Intensity, dan Integrity yang terbukti berpengaruh terhadap loyalitas konsumen produk rokok L.A. Lights.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKB Fis K 94/10 Han p
Uncontrolled Keywords: EVENT MARKETING; CIGARETTE
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Yuristo Ardhi Hanggoro, 070610036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIGAK Satrya Wibawa, S.Sos, MCAUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 1905 12:00
Last Modified: 31 Oct 2016 20:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17087
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item