REPRESENTASI PERAN SINGLE PARENT PADA FILM NAGABONAR JADI 2

NIKI HUTOMO, 070517704 (2010) REPRESENTASI PERAN SINGLE PARENT PADA FILM NAGABONAR JADI 2. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-hutomoniki-18462-abstrak-0.pdf

Download (720kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-hutomoniki-15171-fis.k.95-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bermula dari peneliti melihat adanya fenomena single parent yang ditampilkan dalam film. Lebih khusus lagi adalah yang menampilkan peran dari seorang ayah tunggal dalam film Naga Bonar Jadi 2. Seorang ayah yang hidup sendirian membesarkan dan mendidik anaknya diharuskan tetap menjalankan peran-perannya di dalam keluarga. Ditambah lagi sudah tidak adanya istri yang mendampinginya dalam mengasuh anak. Ayah tunggal tersebut akan tetap hanya melakukan perannya sebagai seorang ayah atau juga melakukan peran-peran yang dilakukan oleh seorang ibu. Dari fenomena tersebut maka diambil perumusan masalah, bagaimana representasi peran single father dalam film Naga Bonar Jadi 2. Untuk membantu menginterpretasi, peneliti menggunakan tinjauan pustaka yang berhubungan dengan reprsentasi, peran single father, semiotika, dan ideologi patriarki dalam keluarga. Metodologinya menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Unit analisis yang digunakan adalah tanda-tanda yang terdapat pada film Naga Bonar Jadi 2 yang kemudian akan dianalisis menggunakan pembagian tiga level analisis Fiske, yaitu level realitas, level representasi, dan level ideologi. Hasil penelitian menunjukkan kalau sosok ayah yang ditampilkan dalam film Naga Bonar Jadi 2 ini lebih banyak menjalakan peran-perannya sebagai ayah dalam keluarga. Walaupun sesekali masih menjalankan peran seorang ibu. Tetapi yang dominan terlihat adalah perah sebagai ayah. Kemudian ayah dalam keluarga yang menganut budaya patriarki diposisikan lebih dibanding anggota keluarga yang lain. Terutama dalam mengambil keputusan penting di keluarga. Ayah masih dan harus dilibatkan di dalamnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKB Fis K 95/10 Hut r
Uncontrolled Keywords: MOVIE; PARENTING
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ800-800.4 Single people
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
NIKI HUTOMO, 070517704UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoerdijati, SriUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 1905 12:00
Last Modified: 02 Nov 2016 18:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17088
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item