Pengaruh Sertifikat Halal terhadap Niat Beli Ulang dan Niat Merekomendasi Pembelian Daging Sapi oleh Konsumen Muslim dan Non-Muslim di Giant Supermarket Wiyung Surabaya

TITIN SOFYAN SUSANTI, 040810051 (2013) Pengaruh Sertifikat Halal terhadap Niat Beli Ulang dan Niat Merekomendasi Pembelian Daging Sapi oleh Konsumen Muslim dan Non-Muslim di Giant Supermarket Wiyung Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-susantitit-22542-5.abstr-k.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh sertifikat halal terhadap niat beli ulang dan niat merekomendasi pembelian daging sapi oleh konsumen Muslim dan non Muslim di Giant Supermarket Wiyung Surabaya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan dua alat analisis yaitu: (1) uji regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh sertifikat halal terhadap niat beli ulang dan niat merekomendasi pembelian, dan (2) independent sample t-test untuk mengetahui perbedaan antara konsumen Muslim dan non-Muslim. Responden dalam penelitian ini berjumlah 60 konsumen, yang terdiri dari 30 konsumen Muslim dan 30 konsumen non-Muslim, yang pernah membeli daging sapi di Giant Supermarket Wiyung Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan, bahwa pengaruh sertifikat halal terhadap niat beli ulang daging sapi pada konsumen Muslim lebih besar daripada non-Muslim. Selain itu, ditemukan bahwa pengaruh sertifikat halal terhadap niat merekomendasi pembelian daging sapi pada konsumen Muslim lebih besar daripada non-Muslim. Saran bagi manajemen Giant Supermarket, khususnya cabang Wiyung, yaitu mencantumkan sertifikat halal, sertifikat kelayakan kios daging dan cold storage di tempat yang semakin mudah dilihat oleh konsumen, menambah variasi produk olahan dari daging dan menyediakan daging yang lebih segar. Untuk penelitian selanjutnya, hendaknya menambahkan kepuasan atau sikap konsumen sebagai variabel intervening agar hasil penelitian lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI.46/12 Sus p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER PROTECTION
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsEmail
TITIN SOFYAN SUSANTI, 040810051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRirin Tri Ratnasari, , SE., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 22 Jan 2013 12:00
Last Modified: 10 Aug 2016 03:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1709
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item