MENYINGKAP SELUBUNG IDEOLOGI KURIKULUM JURUSAN SOSIOLOGI ANALISA MAZHAB KRITIS TERHADAP KURIKULUM JURUSAN SOSIOLOGI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA

Budi Nurcahyo, 070316958 (2010) MENYINGKAP SELUBUNG IDEOLOGI KURIKULUM JURUSAN SOSIOLOGI ANALISA MAZHAB KRITIS TERHADAP KURIKULUM JURUSAN SOSIOLOGI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2009-nurcahyobu-18531-abstrak-0.pdf

Download (739kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2009-nurcahyobu-15251-fis.s.42-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Semangat penolakan terhadap setiap teks yang dianggap netral menjadi jargon utama Mazhab Kritis. Begitu juga dengan kurikulum jurusan Sosiologi bukanlah sesuatu yang sudah given. Melainkan ia adalah teks yang telah dicurigai menyemai benih-benih keberpihakan. Dengan mengadopsi prinsip kerja-kerja ilmu alam yang memperlakukan objek sebagai entitas yang memiliki karakter berbeda satu dengan yang lain, kurikulum justru telah membendakan fakta sosial (reifikasi) dan menyembunyikan relasi sosial yang timpang. Dengan pelacakan historis dan subversif (oposisi/kritik), peneliti menemukan kemiripan status dan kedudukan kurikulum dengan kerja pengetahuan Yunani yang terangkum dalam konsep Etimologi, Neologi, dan Profile. Kerja konsep ini hanya mendeskripsikan fakta. Sedangkan metode yang ditemukan adalah metode jurnalistik. Di sisi yang lain, kurikulum jurusan Sosiologi bukanlah sebuah pengetahuan. Karena sebuah pengetahuan mensyaratkan dua hal, yakni memiliki nasab pengetahuan dan mempunyai metode yang digunakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKB Fis S 42/10 Nur m
Uncontrolled Keywords: SOCIOLOGY; IDEOLOGY
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H1-99 Social sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education > LB2361-2365 Curriculum
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
Budi Nurcahyo, 070316958UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEddy Herry Pryhantoro, Drs,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 01 Jul 1905 12:00
Last Modified: 31 Oct 2016 21:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17096
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item