Iklan Politik Dan Pilihan Terhadap Kandidat Anggota Legislatif (Studi Kasus di Kelurahan Genteng Kecamatan Genteng Surabaya)

FAUJI NUR, 070517827 (2010) Iklan Politik Dan Pilihan Terhadap Kandidat Anggota Legislatif (Studi Kasus di Kelurahan Genteng Kecamatan Genteng Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-nurfauji-18559-abstrak-0.pdf

Download (709kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-nurfauji-15283-fis.s.51-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pesta demokrasi yang dilaksanakan pada tahun 2009 di ikuti oleh banyak partai politik. Untuk menghadapi pemilu model ini, banyak cara yang dilakukan para kandidat untuk meningkatkan popularitas diri. Pada pemilihan umum ini terdapat perubahan sistem memilih yang menggunakan format suara terbanyak dan teknik mencontreng bukan dengan nomor urut serta mencoblos seperti sebelumnya. Dengan demikian para calon legislatif harus mempromosikan diri serta mampu sosialisasi cara memilih kepada para pemilih. frekuensi beriklan pada media massa dianggap dapat memberikan dampak terhadap kandidat agar dapat lebih dikenal oleh masyarakat. Permasalahan penelitian ada hubungan antara frekuensi iklan politik dengan pilihan masyarakat terhadap anggota legislatif pada Pemilihan umum 2009 di kelurahan Genteng kota Surabaya. Tipe penelitian ialah deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan penelitian survei. Penentuan jumlah sampel dengan teknik systematic random syampling berdasar pada data pemilih tetap pada pemilu. Penggunaan media massa baik elektronik, cetak maupun luar ruangan sebagai media kampanye calon legislatif untuk memperoleh dukungan sehingga dapat terpilih sebagai anggota dewan. Media iklan yang cukup beragam, memberikan pilihan kepada masyarakat untuk dapat mengetahui informasi mengenai kandidat dengan berbagai cara. Dampak dari adanya iklan politik yang di tayangkan diharapakan dapat mempengaruhi pemilih dalam rangka memberikan dukungan calon legislatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 35 responden iklan dapat mempengaruhi pilihan sedangkan sebesar 65 responden menyatakan tidak terpengaruh oleh iklan politik berbagai alasan yang dikemukan oleh pemilih mengenai pengaruh pada iklan politik serta setuju dengan adanya iklan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKB Fis S 51/10 Nur i
Uncontrolled Keywords: ADVERTISING; POLITIC
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
FAUJI NUR, 070517827UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMusta'in, Prof, Dr, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 1905 12:00
Last Modified: 31 Oct 2016 21:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17099
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item