REPRESENTASI PATRIOTISME FILM ”NAGABONAR JADI 2” (Studi Semiotika tentang Representasi Patriotisme dalam Film ”Nagabonar Jadi 2”)

WIDIA KUMALA SARI, 070517855 (2009) REPRESENTASI PATRIOTISME FILM ”NAGABONAR JADI 2” (Studi Semiotika tentang Representasi Patriotisme dalam Film ”Nagabonar Jadi 2”). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2009-sariwidiak-18562-abstrak-0.pdf

Download (707kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2009-sariwidiak-15298-fis.k.26-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kurangnya kepedulian masyarakat terhadap bangsa dan negaranya saat ini, termasuk diantaranya para pemuda yang merupakan generasi penerus bangsa di masa depan. Hal ini dicontohkan dari tidak adanya rasa bangga terhadap kebudayaan nasional yang dimiliki oleh bangsanya. Namun ketika kekayaan bangsa tersebut direbut oleh bangsa lain, kemarahan barulah muncul. Masyarakat kurang memiliki kesadaran untuk selalu peduli terhadap apa yang dimiliki oleh bangsa dan negaranya. Sebelum permasalahan banyaknya kekayaan bangsa yang diklaim oleh negara lain ini muncul, yang ada di masyarakat adalah mereka tidak terlihat peduli, bahkan rasa bangga pun sepertinya tidak ada. Setelah terjadinya pengklaiman tersebut kemudian muncul sikap – sikap dari masyarakat untuk menampilkan sikap cinta tanah air dalam diri mereka. Patriotisme merupakan sebuah paham yang mengandung rasa cinta terhadap tanah air dan bangsanya. Makna patriotisme dalam film “Nagabonar Jadi 2” inilah yang akan menjadi fokus dalam penelitian ini, yaitu bagaimana setting yang menggambarkan patriotisme dan bagaimana simbol – simbol patriotisme serta pemaknaannya yang digambarkan dalam beberapa tokoh film “Nagabonar Jadi 2”. Dalam menggambarkan representasi patriotisme yang ada dalam film “Nagabonar Jadi2 “ ini, peneliti menggunakan metode semiotika milik Pierce, yaitu berdasarkan icon, index, dan symbol yang terlihat dalam setting dan perilaku beberapa tokoh di dalamnya. Teori lain yang dipakai dalam mendukung penelitian ini diantaranya adalah ciri patriotisme sejati, tipe patriotisme konstruktif, landasan patriotisme yang serupa dengan landasan dalam perfilman Indonesia. Hasil dari analisis yang diperoleh adalah beberapa setting yang menggambarkan patriotisme, yaitu patung – patung pahlawan bangsa, sebuah Taman Makam Pahlawan yang memiliki keterkaitan pula dengan pahlawan, dan sebuah lambang bangsa dan negara (bendera) yang dipasang di sebuah kendaraan milik seorang tokoh. Sedangkan simbol patriotisme dapat dilihat dari beberapa tokoh, yaitu tokoh Nagabonar yang memberikan hormat di depan patung pahlawan dan sebuah Taman Makam Pahlawan; Bonaga yang tidak setuju dengan sikap Zaki mengenai kecurangan pembayaran pajak dan usaha Bonaga untuk menjelaskan makna negara yang ramah pada Pomo; Monita yang terlihat dari sebuah kritikan yang ditujukan pada Zaki tentang kecurangan pembayaran pajak yang dilakukan; Umar yang memasangkan sebuah bendera di bajajnya dan keinginannya mengajarkan tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia kepada anaknya agar ia mampu menghargai dan mencintai bangsa dan tanah airnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKB Fis K 26/10 Sar r
Uncontrolled Keywords: SEMIOTICS; MASS MEDIA
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN41-46 Community centers. Social centers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
WIDIA KUMALA SARI, 070517855UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIGAK Satrya Wibawa, S.Sos, MCAUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 01 Jul 1905 12:00
Last Modified: 31 Oct 2016 20:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17100
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item