PREFERENSI MASYARAKAT SURABAYA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI

NYIMAS RATIH ZAHNUR ANNISA, 070417254 (2009) PREFERENSI MASYARAKAT SURABAYA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2009-annisanyim-18590-abstrak-0.pdf

Download (703kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2009-annisanyim-15319-fis.k.29-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini tentang preferensi masyarakat Surabaya terhadap penggunaan media komunikasi. Latar belakang peneliti memilih topik ini karena adanya pilihan media komunikasi yang semakin beragam sehingga mendorong khalayak untuk menggunakan media komunikasi demi memenuhi kebutuhannya. Sebagai khalayak aktif, individu secara selektif mampu memilih dan menggunakan media untuk mempertemukan apa yang menjadi kebutuhan dan tujuannya. Karena masing-masing individu memiliki kebutuhan berbeda satu sama lain, maka menyebabkan selektifitas (preferensi) khalayak berbeda pula terhadap media komunikasi yang digunakan. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Teori Uses & Gratification, Media Komunikasi dan Masyarakat, Preferensi Masyarakat Surabaya dalam Menggunakan Media, dan Khalayak Sebagai Pengguna Media Komunikasi. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan metode survey dan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Populasi penelitian masyarakat Surabaya yaitu individu laki-laki dan perempuan yang berada dalam rentang umur 8-60 tahun. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan multistage cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan, preferensi masyarakat Surabaya terhadap penggunaan media komunikasi adalah televisi. Preferensi masyarakat Surabaya terhadap media cetak yaitu koran, preferensi masyarakat Surabaya terhadap institusi atau nama media cetak yaitu Jawa Pos, dan preferensi masyarakat Surabaya terhadap isi media cetak yaitu rubrik olahraga. Preferensi masyarakat Surabaya terhadap media elektronik yaitu televisi, preferensi masyarakat Surabaya terhadap institusi media elektronik yaitu stasiun televisi Trans, dan preferensi masyarakat Surabaya terhadap isi media elektronik yaitu Mxit (aplikasi chatting via handphone).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.29/10 Ann p
Uncontrolled Keywords: SOCIAL INTERACTION IN MASS MEDIA
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN50-995 By region or country
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
NYIMAS RATIH ZAHNUR ANNISA, 070417254UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Moerdijati, Dra. , MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 01 Jul 2015 12:00
Last Modified: 02 Nov 2016 18:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17103
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item