MOTIF PENGGUNAAN MOBILE PHONE INTERNET DI KALANGAN REMAJA SURABAYA

ALFAN ARIKZA PRATAMA, 070610083 (2010) MOTIF PENGGUNAAN MOBILE PHONE INTERNET DI KALANGAN REMAJA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-pratamaalf-18635-abstrak-0.pdf

Download (770kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-pratamaalf-15366-fis.k.83-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini akan membahas mengenai bagaimana motif masyarakat, dalam hal ini remaja Surabaya, dalam memanfaatkan perkembangan teknologi informasi berupa penggunaan mobile phone internet. Sebagai salah satu bentuk nyata kemajuan media komunikasi adalah kehadiran mobile phone internet. Media komunikasi ini merupakan salah satu bentuk media komunikasi baru yang mulai marak dipergunakan oleh masyarakat luas. Hal ini tak lepas dari kebutuhan informasi manusia yang tidak terbatas sehingga mendorong manusia untuk menciptakan hal baru dalam dunia informasi dan komunikasi. Melihat Surabaya sebagai kota metropolitan kedua yang mana penguasaan teknologi warga Surabaya yang cukup tinggi. Ini dibuktikan dengan data BPS yang menyebutkan bahwa 62,76% penduduk Surabaya telah menggunakan telepon seluler. Hasil penelitian Yahoo dan Taylor Nelson Sofres (TNS) Indonesia, dari 2.000 responden, sebesar 64% responden menunjukkan pengakses terbesar di Indonesia adalah anak muda. Yang menarik adalah handphone menjadi sumber akses internet terbesar kedua setelah warnet bagi anak usia 15-19 tahun yakni sebesar 19%. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif untuk memberikan gambaran tentang motif remaja Surabaya dalam menggunakan mobile phone internet. Metode ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran kuesioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan terbuka dan tertutup pada responden (survey). Dalam penelitian ini telah diperoleh motif-motif penggunaan mobile phone internet di kalangan remaja Surabaya. Motif tertinggi yang diperoleh adalah motif informasi, kedua adalah motif integrasi dan interaksi sosial, ketiga adalah motif hiburan, dan terakhir adalah motif identitas pribadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKB Fis K 83/10 Pra m
Uncontrolled Keywords: MOBILE PHONE; TEENAGE
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style
T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
ALFAN ARIKZA PRATAMA, 070610083UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSiti Sutarsih Andarini, Dra, SUUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 1905 12:00
Last Modified: 02 Nov 2016 22:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17116
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item