Sekolah Nasional Bertaraf Internasional (SNBI) (Studi Fenomenologi Mengenai Pengetahuan Orang Tua Murid Tentang Pendidikan Bertaraf Internasional di SMU 3 Madiun)

NIMAS DAMARSARI, 070517721 (2009) Sekolah Nasional Bertaraf Internasional (SNBI) (Studi Fenomenologi Mengenai Pengetahuan Orang Tua Murid Tentang Pendidikan Bertaraf Internasional di SMU 3 Madiun). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2009-damarsarin-18668-abstrak-0.pdf

Download (705kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2009-damarsarin-15403-fis.s.34-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Realitas untuk memenuhi tuntutan persaingan di dunia internasional menjadikan bangsa ini harus siap menghadapinya. Untuk dapat memenangi persaingan itu perlu persiapan serta kualitas sumberdaya manusia yang benar-benar matang, unggul dan berkualitas, dan dalam usaha untuk menyiapkan sumberdaya manusia yang berkualitas seperti itu peran pendidikan menjadi amat besar bahkan menjadi faktor yang utama. Tidak lepas dari fenomena globalisasi dan juga pengaruh besar dunia internasional yang melanda seluruh aspek kehidupan masyarakat, institusi pendidikan juga mencoba memenuhi kebutuhan akan tantangan tersebut sehingga muncul fenomena sekolah-sekolah nasional yang menggunakan standard internasional. Sehubungan dengan itu maka pemerintah membuat program sekolah nasional bertaraf internasional yang disingkat dengan SNBI. Kemunculan sekolah-sekolah bertaraf internasional bukanlah menjadi masalah, karena tidak bisa dipungkiri bahwa Negara ini juga membutuhkan peningkatan kualitas pendidikan. Namun akan menjadi masalah ketika sebuah institusi sekolah tidak dapat secara optimal dimanfaatkan untuk mencerdaskan bangsa seperti yang tertera dalam Pasal 31 ayat 1 dan 2. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini memfokuskan pada pemahaman masyarakat selaku orang tua murid mengenai Sekolah Nasional Bertaraf Internasional dalam hal ini adalah konsep pembelajaran, kurikulum, sarana prasarana, pembiayaan dan jaminan peningkatan mutu pedidikan dari pihak sekolah. Penelitian ini terfokus pada masyarakat karena pada akhirnya sebaik apapun konsep sebuah pendidikan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik masyarakat yang akan menerima produk dari konsep tersebut agar masyarakat tidak dirugikan nantinya. Penelitian ini merupakan sebuah studi fenomenologi intersubjektivitas. Studi ini memungkinkan peneliti untuk memahami dan menginterpretasikan pengetahuan masyarakat dalam hal ini orang tua murid tentang konsep pendidikan sekolah nasional bertaraf internasional secara intersubjektif. Penelitian ini menghasilkan temuan yang menggambarkan bahwa menurut pengetahuan masyarakat konsep sekolah bertaraf internasional yang ditawarkan oleh sebuah SNBI sangat bagus. Namun pada akhirnya mereka menganggap konsep sekolah tersebut kurang berjalan maksimal sehingga tidak jauh berbeda dengan sekolah yang tidak berstandar internasional. Pembiayaan yang tinggi menjadi keresahan, terkait tidak adanya transparansi pengalokasian dana. Namun keresahan itu belum dipahami sebagai sebuah praktik komersialisasi pendidikan seperti pemahaman masyarakat pada umumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKB Fis S 34/10 Dam s
Uncontrolled Keywords: EDUCATION - INTERNATIONAL
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
NIMAS DAMARSARI, 070517721UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTitik Budirahayu, Dra,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 01 Jul 1905 12:00
Last Modified: 02 Nov 2016 22:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17121
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item