STIGMATISASI DAN PERILAKU DISKRIMINATIF PADA PEREMPUAN BERTATO (Studi Deskriptif Mengenai Stigmatisasi dan Perilaku Diskriminatif pada Perempuan Bertato)

ARI AGUS PRATIKNO, 070610059 (2010) STIGMATISASI DAN PERILAKU DISKRIMINATIF PADA PEREMPUAN BERTATO (Studi Deskriptif Mengenai Stigmatisasi dan Perilaku Diskriminatif pada Perempuan Bertato). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-pratiknoar-18717-abstrak-0.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
17130-BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II - III)
17130-BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV - SELESAI)
17130-IV.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi atas fenomena tato yang merupakan karya seni dan sudah semestinya bisa dipakai dan dinikmati siapa pun, akan tetapi perempuan tidak mempunyai akses yang sama ketika mereka memutuskan untuk memakai tato. Hal ini dikarenakan banyak sekali ditemukan stigma-stigma dan perilaku diskrimatif dari lingkungan di sekitar subjek. Merujuk pada latar belakang tersebut maka penelitian ini menghasilkan dua fokus penelitian yang akan dilakukan, yang pertama adalah, bagaimana stigmatisasi dan perilaku diskriminatif pada perempuan, dan yang kedua adalah bagaimana reaksi perempuan bertato tersebut atas stigma yang ditunjukan kepadanya. Teori yang digunakan adalah teori stigma dari Erving Goffman. Pada penelitian ini menggunakan paradigma intepretatif dengan tipe penelitian kualitatif. Sementara untuk menggali data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan bantuan data sekunder seperti internet, dan jurnal-jurnal media cetak. Dalam penelitian ini yang menjadi sasaran penelitian adalah individuindividu yang memiliki karakteristik yang sesuai dengan isu dan judul penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa stigma perempuan bertato adalah diidentikan dengan tindakan negatif. Stigma pada perempuan bertato mengakibatkan perilaku diskriminatif yang sangat merugikan bagi kehidupan perempuan bertato. Perempuan bertato tidak bisa mengekspresikan jiwa seninya dengan bebas akibat stigma dan perilaku diskriminatif tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKB Fis S90/10 Pra s
Uncontrolled Keywords: WOMEN IN BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
ARI AGUS PRATIKNO, 070610059UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSepti Ariadi, Drs, MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 1905 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 18:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17130
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item