Pola Pengasuhan Remaja dan Pemenuhan Kebutuhan Hidup di Kalangan Single Parent (Studi Kasus Pola Pengasuhan Remaja dan Pemenuhan Kebutuhan Hidup dari 3 Keluarga Single Parent di Kelurahan Pabean Kecamatan Sedati Sidoarjo)

FITRIA ANGGREINI, 070610411 (2010) Pola Pengasuhan Remaja dan Pemenuhan Kebutuhan Hidup di Kalangan Single Parent (Studi Kasus Pola Pengasuhan Remaja dan Pemenuhan Kebutuhan Hidup dari 3 Keluarga Single Parent di Kelurahan Pabean Kecamatan Sedati Sidoarjo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-anggreinif-18721-abstrak-0.pdf

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
Text (fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-anggreinif-15500-fis.s.92-0.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fenomena orang tua tunggal (single parent) akhir – akhir ini menjadi suatu fenomena yang kian marak. Jumlah single parent di Indonesia semakin bertambah dari tahun ke tahun. Terutama single parent perempuan, banyak diantaranya yang disebabkan karena ditinggal cerai suami, ditinggal mati, hamil di luar nikah. Namun demikian, menjadi single parent tidaklah mudah, apalagi jika mereka memiliki anak. Pada kasus orang tua tunggal perempuan, mereka berperan ganda, yakni sebagai seorang ayah yang berperan di sektor publik untuk mencari nafkah bagi keluarga, dan berperan sebagai ibu di sektor domestik yang bertugas dalam urusan rumah tangga dan merawat, juga membesarkan anak. Dalam penelitian ini, memfokuskan pada ibu single parent yang di tinggal mati suami di kelurahan Pabean, kecamatan Sedati kabupaten Sidoarjo. Saat ini diketahui tidak sedikit bahwa ibu single parent yang berjuang seorang diri membesarkan anak, dan dapat menjadikan mereka sebagai orang yang sukses dan memiliki gelar sarjana. Dalam penelitian ini menggunakan tipe penelitian studi kasus dengan menggunakan perspektif fenomenologi untuk melihat kasus yang terjadi pada 3 orang ibu single parent. Ibu single parent pertama memiliki dua orang anak remaja dan mengalami masalah hutang keluarga. Ibu single parent kedua memiliki seorang anak remaja dan mengalami kesulitan akan pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Ibu single parent ketiga memiliki dua orang anak remaja dan mengalami kesulitan akan pemenuhan biaya kebutuhan sekolah anak. Dari hasil observasi dan wawancara secara indepth interview, ditemukan bahwa pengasuhan yang diterapkan ibu single parent kepada anak mereka, pada ibu single parent pertama dan kedua adalah dengan cara memberi nasehat untuk hidup hemat dan rajin ibadah juga memberi contoh konkret perilaku. Ibu juga memberi motivasi dan dorongan, memarahi mereka namun dengan memberi tahu dampak perilaku dari yang mereka lakukan. Namun berbeda dengan pengasuhan ibu ketiga yang membiarkan anak berperilaku menurut apa yang mereka inginkan, ibu juga memberi sedikit kontrol pada perilaku anak. Sedangan untuk memenuhi kebutuhan hidup, pada ibu single parent pertama dan kedua adalah dengan meminimalisir pengeluaran sehari-hari, mereka mengajarkan pada anak untuk tidak menyia-nyiakan makanan. Tetapi pada ibu single parent kedua, mereka juga mencari tambahan penghasilan di luar pekerjaan pokok, salah satu diantaranya dengan bekerja menge-lem bungkus rokok. Apabila dalam memenuhi kebutuhan masih juga belum terpenuhi, mereka terpaksa berhutang baik kepada tetangga maupun kepada sanak saudara. Sedangkan pada ibu single parent ketiga, mereka juga tidak segan mengontrakkan rumah mereka agar dapat tetap menyekolahkan anak hingga ke jenjang yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKB Fis S 92/10 Ang p
Uncontrolled Keywords: TEENAGE; PARENTING
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ755.7-759.92 Parents. Parenthood
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
FITRIA ANGGREINI, 070610411UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorUdji Asiyah, Dra,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 1905 12:00
Last Modified: 02 Nov 2016 15:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17132
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item