REORIENTASI PEMERINTAHAN KOALISI JOHN HOWARD TERHADAP KEBIJAKAN ASIA ( 1996 � 2004 )

DONASITA, IVONE, NIM. 070216795 (2007) REORIENTASI PEMERINTAHAN KOALISI JOHN HOWARD TERHADAP KEBIJAKAN ASIA ( 1996 � 2004 ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK KKB KK-2 Fis HI 04_07 Dan r.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
17150.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebagai negara yang secara geografis memiliki kedekatan dengan kawasan Asia, tentunya dinamika hubungan internasional Australia tidak dapat terlepas dari pengaruh kawasan tersebut khususnya di Asia Tenggara dan Asia Timur. Akan tetapi Australia juga memiliki pengalaman historis dengan bangsa Barat. Hal ini yang akan berpengaruh terhadap proses pengambilan keputusan kebijakan luar negeri Australia. Pada masa pemerintahan koalisi PM Howard kebijakan luar negeri Australia terhadap Asia (Asian-policy) sempat mengalami ketidakjelasan akibat kurangnya komitmen dalam mengimplementasikannya serta adanya revitalisasi ikatan tradisional sehingga menimbulkan kemunduran hubungan ekonomi-pertahanan dengan kawasan Asia. Namun akhirnya para pembuat keputusan melakukan upaya reorientasi Asian-policy di dalam prioritas dan pendekatan kebijakan luar negerinya. Penelitian studi kepustakaan ini akan berusaha menjelaskan permasalahan mengenai alasan pemerintahan koalisi PM Howard melakukan reorientasi Asian-policy. Melalui tipe penelitian deskriptif-eksplanatif atas dasar level analisis negara-bangsa sebagai unit analisis dan kelompok individu sebagai unit eksplanasi serta didukung oleh penggunaan teori kebijakan luar negeri dan teori pembuatan keputusan (decision-making theory) maka dapat didapatkan bukti bahwa pemerintahan koalisi Howard melakukan upaya reorientasi Asian policy dikarenakan keinginan untuk memperbaiki kemunduran hubungan perekonomian dan keamanan dengan negara-negara di kawasan Asia, kekhawatiran terhadap adanya negara-negara kuat di Asia Timur yang memiliki rancangan pembangunan "blok regionalisme Asia" dengan Asia Tenggara, serta faktor pengauh internal yang datang dari pihak oposisi Buruh dan publik Australia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis HI 04/07 Dan r
Uncontrolled Keywords: POLITICAL PARTICIPATION
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy > JZ1464-2060 Scope of international relations with regard to countries, territories, regions, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
DONASITA, IVONE, NIM. 070216795UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLilik Salamah, Dra., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 14 May 2007 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 20:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17150
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item