IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN GRATIS (Studi Deskriptif tentang Faktor-Faktor Penghambat dalam Implementasi Kebijakan Pendidikan Gratis di Kabupaten Banyuwangi)

Jamaroh, Ilva Rizky, NIM. 070417272 (2009) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN GRATIS (Studi Deskriptif tentang Faktor-Faktor Penghambat dalam Implementasi Kebijakan Pendidikan Gratis di Kabupaten Banyuwangi). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK KKB KK Fis AN 12_09 Jam i.pdf

Download (861kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT KKB KK Fis AN 12_09 Jam i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seiring dengan berjalannya era otonomi daerah, pemerintah daerah memiliki wewenang untuk menetapkan kebijakan termasuk di bidang pendidikan di daerahnya masing-masing, salah satunya adalah implementasi kebijakan pendidikan gratis di Kabupaten Banyuwangi. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi kebijakan pendidikan gratis dan faktor-faktor apa sajakah yang menghambat implementasi kebijakan pendidikan gratis di Kabupaten Banyuwangi. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti memakai metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam tidak hanya kepada aparat pelaksana tetapi juga kepada masyarakat selaku kelompok sasaran. Sedangkan pengumpulan data sekunder melalui dokumentasi. Teknik penentuan informan, secara purposive yang selanjutnya berkembang dengan teknik snowball. Hasil penelitian dari penelitian ini adalah dalam implementasi kebijakan pendidikan gratis telah terjadi unsuccenssfull implementation (implementasi yang tidak berhasil) dimana kebijakan ini tidak berhasil mewujudkan dampak atau hasil akhir yang dikehendaki yaitu membebaskan masyarakat dari beban biaya pendidikan. Tidak berhasilnya implementasi kebijakan pendidikan gratis ini disebabkan oleh masih adanya faktor-faktor yang mampu menjadi menghambat dalam implementasi kebijakan pendidikan gratis sehingga kebijakan pendidikan gratis tidak dapat diimplementasikan secara sempurna, antara lain tidak adanya kejelasan informasi terutama tentang keterlambatan dana mengganggu hubungn kerjasama antar aparat pelaksana, sumberdaya anggaran berupa dana bantuan pendidikan yang belum mencukupi kebutuhan sekolah, kurangnya sumberdaya informasi mengenai ketaatan aparat pelaksana, SOP untuk mengimplementasikan kebijakan pendidikan gratis belum ada dan dukungan wali murid terhadap implementasi kebijakan pendidikan gratis masih kurang yang ditunjukkan dengan rendahnya partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan terhadap implementasi kebijakan pendidikan gratis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis AN 12/09 Jam i
Uncontrolled Keywords: EDUCATION
Subjects: L Education
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
Jamaroh, Ilva Rizky, NIM. 070417272UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEko Supeno, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 10 Jun 2009 12:00
Last Modified: 19 Aug 2016 06:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17161
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item