Analisis Genre Film Rindu Kami PadaMu (Studi deskriptif tentang karakteristik genre film Rindu Kami Pada-Mu karya Garin Nugroho)

Agustina, Ita, NIM. 070417204 (2009) Analisis Genre Film Rindu Kami PadaMu (Studi deskriptif tentang karakteristik genre film Rindu Kami Pada-Mu karya Garin Nugroho). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-agustinait-10398-fisk98-t.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-agustinait-9806-fisk98-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi atau mendeskripsikan karakteristik genre film Rindu Kami PadaMu. Penelitian ini merupakan analisis tekstual yaitu genre analysis pada moving image. Sasaran penelitian ini adalah sebuah film, dalam hal ini film berjudul Rindu Kami Pada Mu karya sutradara Garin Nugroho yang diproduksi dengan durasi 90 menit oleh Set Film Workshop, Cinekom dan Creative Motion Pictures pada tahun 2004. Teknik analisis datanya adalah dengan melakukan pengamatan terhadap film Rindu Kami Pada Mu, yang kemudian dijabarkan menjadi story dan plot kemudian di analisis berdasarkan analisis genre melalui repertoire of element. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya karakteristik genre soap opera bertema religi dalam film Rindu Kami PadaMu yang diidentifikasi dari unsur-unsur genre (repertoire of element) yaitu settingnya di pasar tradisional Jakarta menjelang libur lebaran, karakternya menggambarkan karakter manusia secara umum, adanya seorang ustadz, seseorang yang pernah melakukan kekhilafan namun akhirnya bertaubat,seseorang yang sabar menjalani hidup meski telah dua kali menjanda, anak-anak yang belum stabil emosinya, dan sebagainya. Naratifnya menggunakan struktur naratif yang sederhana, iconografinya diantaranya yang merupakan objek diagesis adalah masjid, kubah, sarung, kopyah, jilbab, jamaah sholat, dan sebagainya sedangkan suara diagesisnya adalah suara iqomat, suara senandung lagu Rindu rasul dan dialog. Untuk non diagesisnya yaitu koor dan senandung juga iring-iringan musik lagu Ya Nabi Salam dan Rindu Rasul, untuk style dalam film ini terdapat prolog yang dilakukan Rindu seorang tokoh gadis kecil berjilbab diantara setiap cerita dan film ini dibintangi oleh pemain senior seperti Didi Petet, Jaja Miharja dan Neno Warisman, bintang muda seperti Nova Eliza, Fauzi Baadla dan Reza Bukan hingga aktor-aktor cilik pendatang baru sebagai tokoh utamanya yaitu Sakurta Ginting,Raisa Pramesi dan Putri Mulia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis K 98/08 Agu a
Uncontrolled Keywords: CHILDREN�S FILM; COMMUNICATION � MASS MEDIA
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR > N1-(9211) Visual arts
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Agustina, Ita, NIM. 070417204UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachma Ida, M.Comm. Ph.dUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 16 Jun 2009 12:00
Last Modified: 26 Aug 2016 01:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17168
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item