RISET PROGRAM ACARA RRI SURABAYA (Studi Deskriptif Komposisi Program Acara RRI Surabaya Periode Januari 2008 Dalam Menjalankan Fungsinya Sebagai Lembaga Penyiaran Publik)

Puspitasari, Wiwik Sugiarti, NIM. 070417412 (2009) RISET PROGRAM ACARA RRI SURABAYA (Studi Deskriptif Komposisi Program Acara RRI Surabaya Periode Januari 2008 Dalam Menjalankan Fungsinya Sebagai Lembaga Penyiaran Publik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-puspitasar-10402-fisk13-k.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-puspitasar-9808-fisk13-r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Undang-Undang Penyiaran No.32/2002 membawa perubahan besar dalam dunia penyiaran di Indonesia, salah satunya terhadap stasiun Radio Republik Indonesia. Sebagai lembaga penyiaran publik, RRI dituntut menjalankan fungsi-fungsinya yaitu fungsi informasi, fungsi pendidikan, fungsi hiburan yang sehat, fungsi kontrol dan perekat sosial, serta fungsi pelestari kebudayaan, hal ini bisa dilihat melalui program-program acara yang disiarkan. RRI Surabaya (melalui ketiga programanya) harus mempunyai varietas program acara untuk melayani kepentingan seluruh lapisan masyarakat. Setelah statusnya berubah penting untuk dilihat apakah RRI Surabaya sudah menjalankan fungsi-fungsinya tersebut. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui komposisi program acara RRI Surabaya pada bulan Januari 2008 dalam menjalankan fungsi lembaga penyiaran publik. Kerangka konsep dalam penelitian ini adalah fungsi radio di masyarakat, Radio Republik Indonesia dan fungsinya sebagai lembaga penyiaran publik, program acara RRI sebagai radio publik, pedoman penyelenggaraan siaran radio publik RRI, serta program acara radio sebagai suatu bentuk pesan. Metode yang digunakan content analysis-kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Populasi penelitiannya yaitu jumlah keseluruhan siaran jenis program acara dengan unit analisisnya satuan jenis program acara yang terkumpul selama bulan Januari 2008. Kategorisasi yang digunakan mengacu UU Penyiaran No.32/2002, PP nomor 11 dan nomor 12 tahun 2005, serta Pedoman Penyiaran Lembaga Penyiaran Publik mengenai lima fungsi lembaga penyiaran publik serta teknik analisis datanya menggunakan tabel frekuensi. Selama Januari 2008, RRI Surabaya menyiarkan program acara yang memuat seluruh fungsi lembaga penyiaran publik walaupun tidak merata. Fungsi yang paling dominan adalah fungsi informasi, kemudian fungsi hiburan yang sehat, fungsi pendidikan, fungsi pelestari kebudayaan serta terakhir fungsi kontrol dan perekat sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis K 13/09 Pus r
Uncontrolled Keywords: RADIO AUDIENCES; RADIO � SOCIAL ASPECTS
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Puspitasari, Wiwik Sugiarti, NIM. 070417412UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri MoerdijatI, Dra., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 16 Jun 2009 12:00
Last Modified: 26 Aug 2016 02:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17170
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item